Hukum, HAM hingga Ekonomi Menjadi Tema Debat Capres-Cawapres Pilpres 2024

Politik1057 views

Inionline.id – Menjelang Pilpres 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) membeberkan tema debat capres-cawapres, yang akan digelar sebanyak 5 kali.

Debat capres-cawapres akan dilaksanakan di Jakarta, dengan tema mulai dari pemerintahan, keamanan, investasi dan perdagangan, infrastruktur, hingga lingkungan hidup.

Berikut tema untuk debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024.

– Debat I tanggal 12 Desember 2023

Tema: Hukum, HAM, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi.

– Debat II tanggal 22 Desember 2023

Tema: Pertahanan, Keamanan, Geo Politik, dan Hubungan Internasional

– Debat III tanggal 7 Januari 2024

Tema: Ekonomi (kerakyatan dan digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN dan APBD, serta Infrastruktur.

– Debat IV tanggal 21 Januari 2024

Tema: Energi, SDA, SDM, Pangan, Pajak Karbon, Lingkungan Hidup, Agraria, dan Masyarakat Adat

– Debat V tanggal 4 Februari 2024

Teknologi Informasi, Peningkatan Pelayanan Publik, Hoaks, Intoleransi, Pendidikan dan Kebudayaan, Kesehatan (Post Covid Society), dan Ketenagakerjaan

Komisioner KPU Idham Holik mengatakan pihaknya telah memberikan penjelasan terkait teknik debat capres-cawapres kepada tim kampanye setiap paslon..

“Kemarin siang jelang sore KPU telah mengundang tim kampanye capres-cawapres untuk mendengarkan penjelaskan KPU tentang teknis pelaksanaan debat capres-cawapres,” kata Idham, Kamis (30/11).

Sebelumnya, dia menyatakan tak akan ada debat khusus para calon presiden atau calon wakil presiden Pilpres 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan semua pasangan calon akan hadir bersamaan dalam debat yang digelar sebanyak lima kali.

“Pada dasarnya, dalam pertemuan KPU dengan pasangan calon, lima kali debat itu, pasangan calon semuanya hadir,” kata Hasyim di kantor KPU, Kamis (30/11).