Dorong Perdamaian, Jokowi Bawa Isu Palestina ke KTT ASEAN-Jepang

Headline, Nasional857 views

Inionline.id – Isu Palestina dibawa Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Jepang di Tokyo. Forum itu mempertemukan pemimpin negara-negara Asia Tenggara dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida.

Jokowi mengatakan ASEAN dan Jepang satu suara soal perang di Gaza, Palestina. Mereka mendorong perdamaian segera ditegakkan di Palestina.

“Kami juga membahas situasi di Gaza dan pentingnya mendorong gencatan senjata permanen,” kata Jokowi dalam jumpa pers bersama Kishida di Tokyo, Minggu (17/12).

ASEAN dan Jepang mendorong pembukaan akses pemberian bantuan ke Gaza. Mereka juga mendukung perdamaian di tanah Palestina.

“Dan akses bantuan kemanusiaan seluas-luasnya serta segera dimulainya proses perdamaian,” ucap Jokowi.

Dalam pernyataannya, Kishida tidak spesifik membahas Palestina. Dia hanya menegaskan Jepang telah sepakat dengan ASEAN untuk mendukung perdamaian.

“Ketika perpecahan dan konflik semakin mendalam di berbagai kawasan dan dunia menghadapi berbagai krisis, Jepang akan berdiri bersama dengan ASEAN berlandaskan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka,” ucap Kishida.

Serangan Israel di Jalur Gaza, Palestina sudah berlangsung lebih dari dua bulan. Total korban diprediksi sudah mencapai 19 ribu orang.

Dewan Keamanan PBB tak kunjung sepakat tentang resolusi atas invasi Israel di Gaza. Terlebih setelah Amerika Serikat menggunakan hak veto dalam pertemuan DK PBB, Jumat (8/12).

“Resolusi itu berbeda dari kenyataan,” ucap perwakilan AS di PBB Robert Wood menolak resolusi tentang Gaza, seperti dilansir AFP.

“Tidak akan memberikan dampak positif di lapangan,” imbuhnya.