Di Bulan Desember Dinkes DKI Catat 2 Kematian Positif Covid-19

Antar Daerah657 views

Inionline.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta mencatat ada dua kematian kasus Covid-19 di Desember 2023.

Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinkes DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan sebelumnya tercatat tak ada kematian akibat Covid-19 di Ibu Kota selama dua bulan berturut-turut.

“DKI Jakarta menemukan dua kematian positif Covid-19 pada bulan Desember 2023,” kata Ngabila dalam keterangannya, Senin (11/12).

Dua kasus kematian itu terdiri dari wanita berusia 81 tahun dengan komorbid hipertensi dan wanita berusia 91 tahun dengan komorbid stroke dan gagal jantung. Salah satu dari mereka belum mendapatkan vaksin Covid-19 sama sekali.

Ngabila menyampaikan Dinkes DKI Jakarta menemukan 80 kasus positif pada 27 November hingga 3 Desember 2023.

Sebanyak 90 persen pasien bergejala ringan, 10 persen pasien bergejala sedang dan tengah dirawat di rumah sakit.

“EG.4 dan EG.5 masih yang dominan ditemukan di Jakarta dengan masing-masing sudah 14 kasus ditemukan,” ujarnya.

Ngabila mengatakan ada 271 kasus baru positif dalam satu pekan di DKI Jakarta terhitung sejak 4 hingga 10 Desember.

Pemerintah mengimbau masyarakat agar lebih ketat mengenakan masker, lebih rajin mencuci tangan, menjaga ventilasi udara di dalam ruangan dengan baik, dan menghindari asap rokok.

Ngabila menjelaskan siklus Covid-19 berpotensi naik per enam bulan sama seperti batuk dan pilek biasa ketika pancaroba. Karena itu, masyarakat tak perlu panik.

“Kenapa? Faktor imunitas biasanya menurun karena kelelahan, stres, kurang tidur, makan tidak teratur. Faktor kuman karena kelembaban tinggi lebih mudah masuk ke tubuh manusia,” jelasnya.