Dengar Isu Aktivis Walkout Saat Pidato di COP28 Dubai, Jokowi Tertawa

Berita757 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertawa mendengar isu sejumlah aktivis lingkungan walkout saat dirinya berpidato di Konferensi Iklim PBB (COP28) di Dubai.

Jokowi tak ambil pusing dengan kabar itu. Dia hanya menyampaikan Indonesia telah melakukan sejumlah aksi merespons perubahan iklim.

“Hahahaha yang paling penting satu, kita telah melakukan hal yang nyata dalam rangka menyelesaikan ikut mengurangi urusan perubahan iklim yang semuanya semua negara khawatir,” kata Jokowi di Jakarta Convention Center, Kamis (7/12).

Jokowi berkata Indonesia telah menekan angka deforestasi. Indonesia juga sudah mengerem kebakaran hutan dan lahan gambut.

Selain itu, pemerintah membangun sejumlah pusat pembibitan. Dia menilai aksi-aksi itu nyata untuk menghadapi perubahan iklim.

“Kita membangun nursery dengan produksi 75 juta, baik di Rumpin di Bogor, mangrove di Denpasar, kemudian bibit-bibit rainforest di Mentawir, di Labuan Bajo sana,” ujarnya.

Isu walkout saat Jokowi berpidato jadi sorotan sejumlah pengguna media sosial. Pengguna X @Paltiwest, misalnya, mengatakan peserta konferensi COP28 walkout saat Jokowi berpidato. Akun itu mengaitkan dengan kebijakan lumbung pangan atau food estate.

“Saat ke Dubai bicara di conference lingkungan COP28, pada kesempatan Jokowi berpidato ditinggal oleh para audience yang sebagian besar terdiri dari delegasi NGO Global seperti Green Peace, Walhi, Save Borneo dan NGO lainnya,” kata akun tersebut pada Rabu (6/12).

“Mereka melakukan protes atas kebijakan Jokowi terkait Food Estate yang dinilai gagal sementara sudah ratusan ribu hektar lahan hutan yang digunduli sehingga merusak lingkungan hutan Kalimantan,” imbuhnya.

Organisasi Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau WALHI menyebut pidato Jokowi di COP28 Dubai itu ‘penuh mimpi dan kontradiksi’.