Debat Capres-Cawapres Pakai Podium, Cak Imin Setuju

Politik757 views

Inionline.id – Calon wakil presiden nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin setuju dengan wacana gelaran debat capres maupun cawapres pada Pilpres 2024 selanjutnya menggunakan podium.

“Setuju saja, mau pakai bagus, kalau enggak ya kayak yang kemarin Mas Anies itu,” kata Imin usai menghadiri Silaturahmi Pimpinan Majelis Ta’lim se-Kabupaten Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (18/12).

Cak Imin mengatakan debat pertama yang digelar pekan lalu telah berjalan dengan bagus. Namun, ia memberi catatan soal jumlah pendukung yang hadir.

“Mungkin penyempurnaan soal harus adil jumlah yang diundang, jangan ada yang lebih banyak. Harus adil semua calon kalau 40, 40 semua,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebelumnya membuka kemungkinan akan menyediakan podium dalam debat calon presiden dan wakil presiden berikutnya.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan rencana tersebut akan dibahas. Jika dibutuhkan, maka tidak menutup kemungkinan akan disediakan.

“Ini [pengadaan podium di panggung debat] kita bicarakan,” kata Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (14/12).

Namun, kata Mellaz, hingga saat ini format yang akan dipakai masih sama seperti pada debat perdana capres pada Selasa 12 Desember lalu.

Debat pada 22 Desember akan diikuti oleh tiga cawapres yaitu dari nomor urut 1 Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dan nomor urut 3 Mahfud MD.

Tema yang akan dibahas meliputi Ekonomi Kerakyatan, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN/APBD, Infrastruktur, dan perkotaan.