Bye Fest 2023, Bahagiakan Warga Tingkatkan Perekonomian UMKM

Antar Daerah657 views

Inionline.id – Bye Fest (Bogor Year End Fest) 2023 yang digelar di Lapangan Belakang GOR Pajajaran, dipadati oleh masyarakat Kota Bogor dan sekitarnya, Sabtu (23/12/2023).

Pesta rakyat yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor dan didukung oleh Bank BJB, Grab dan PLN dibuka gratis untuk umum menghadirkan berbagai hiburan untuk masyarakat, diantaranya penampilan dari dance kreasi pelajar binaan sanggar DDP, dua penampilan seni budaya oleh sanggar Setia Wargi berupa calung dan reog Bogor, kemudian penampilan bobodoran, tatarucingan sunda dan wayang golek serta tiga band lokal, yakni Cendera, Munhajat, Lepas Landas.

Dalam momentum penampilan band lokal, Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama band lepas landas memecah kesunyian malam dengan bernyanyi bersama pengunjung dengan lagu Bogor Kota Kesayangan.

Penampilan Guest start Wali Band pun menambah keseruan Pesta Rakyat yang semakin dipadati para pengunjung.

Pesta Rakyat yang juga dihadiri Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim serta Forkompinda Kota Bogor ini diharapkan juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk turut serta menikmati rangkaian acara lainnya yang sudah dipersiapkan.

Bima Arya dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kesabaran seluruh masyarakat, baik pengguna jalan ataupun pemilik warung yang terdampak baik dari sisi penurunan pendapatan, kemacetan sehingga berdampak pada psikologis dalam proses Pembangunan Jembatan Otista selama kurang lebih delapan bulan.

“Alhamdulillah jembatannya sudah selesai, bagus dan lalu lintas pun kembali lancar. Insya Allah sampai April akan terus ikhtiar untuk Kota Bogor semakin lancar lagi di Alun-alun, Pasar Kebon Kembang dan sebagainya. Sehingga semua bahagia dan mendapat berkah,” ujarnya.

Selain menghadirkan berbagai hiburan Pesta Rakyat Bye Fest juga memberikan kesempatan kepada UMKM dengan menyiapkan 40 stand UMKM yang juga ramai dikunjungi oleh masyarakat tidak hanya dari Kota Bogor, namun juga pendatang dari luar Kota Bogor.

“Ini acara yang bertujuan untuk memberikan hiburan akhir tahun kepada warga Bogor karena saya tahu banyak sekali yang kangen untuk berkumpul, menikmati musik setelah selama kurang lebih 8 bulan banyak berjuang sabar karena macet karena Otista dan lainnya. Dengan adanya ini juga memberikan rezeki lebih kepada UMKM dan para pedagang,” ujar Bima Arya.

Penyelenggaraan Pesta Rakyat Bye Fest 2023 yang dibuat berbeda pada pertunjukan umumnya ini juga disambut baik oleh warga Kota Bogor.

Diantaranya salah satu pengunjung Mira Dwianti dari Bogor Barat yang sengaja datang bersama teman-temannya untuk menikmati hiburan sambil berwisata kuliner.

“Udah janjian sama teman-teman dari kemarin, marena tiket masuknya gratis jadi duitnya dipakai jajan, bisa nongkrong sama teman juga nikmatin musik, bisa kulineran juga, ini udah jajan banyak” katanya sembari tertawa.

Sementara itu pengunjung asal Kabupaten Bogor, Salim yang datang bersama keluarganya sengaja hadir menemani anaknya yang ingin menyaksikan konser Wali Band. Ia pun berharap kegiatan ini bisa digelar secara rutin setiap tahun.

“Bagus ya, karena acaranya gratis terus di dalam juga banyak yang jualan, jadi anak juga nggak rewel. Cuma usul aja karena diumumkan tadi harus jaga kebersihan ya, harusnya dikasih tau juga posisi tempat sampahnya ada dimana, itu aja sih. Harapannya biar sering-sering ada acara begini. Kalau bisa setiap tahun ada juga bagus,” katanya.