Berikut Ini 7 Vitamin dan Nutrisi Penting untuk Kecerdasan Otak Anak

Kesehatan657 views

Inionline.id – Orang tua mana yang tak ingin anaknya cerdas. Vitamin bisa jadi salah satu pendorong kecerdasan otak yang baik.

Pertanyaannya, apa saja vitamin untuk kecerdasan otak anak?

Kecerdasan anak tak cuma bergantung pada kemampuannya dalam belajar, tapi juga oleh asupan yang didapat sejak kecil.

Nutrisi dan vitamin sendiri sangat berperan dalam perkembangan otak si kecil.

Vitamin untuk kecerdasan otak anak

Untuk itu, penting bagi Anda memberikan asupan yang tepat bagi perkembangan otak si kecil. Sebagai rekomendasi, Anda bisa memberikan asupan vitamin dan nutrisi ini untuk buah hati.

1. Minyak ikan

Minyak ikan mengandung asam lemak omega-3. Mengutip Forbes Health, senyawa satu ini penting untuk perkembangan otak si kecil.

Asam lemak ini juga membantu mengurangi peradangan di tubuh dan otak dan menjaga fungsi kognitif tetap berjalan dengan baik.

2. Vitamin D

Vitamin untuk kecersadasan otak anak berikutnya adalah vitamin D.

Penelitian bahkan menunjukkan, vitamin D penting untuk perkembangan otak sejak dini. Kekurangan vitamin D juga dikaitkan dengan kondisi seperti autisme.

Anda bisa mengajak anak rajin berjemur untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang menyehatkan. Tapi, jangan lupa gunakan tabir surya.

Selain berjemur, Anda juga bisa memberikan asupan vitamin D pada si kecil lewat sajian ikan berlemak seperti salmon. Susu juga mengandung vitamin D.

3. Kolin

Kolin secara alami ditemukan dalam telur. Kolin adalah nutrisi penting yang membantu otak membuat asetilkolin. Nama terakhir merupakan neurotransmitter yang dibutuhkan untuk daya ingat dan fungsi kognitif.

4. Vitamin B

Semua jenis vitamin B punya peran penting untuk kesehatan dan perkembangan otak.

Namun pada anak, vitamin B6 dan B12 menjadi salah dua yang sangat penting. Vitamin B sendiri berfungsi untuk memproduksi dopamin yang dapat meningkatkan kewaspadaan. Dengan begitu, anak bisa fokus belajar.

Sementara kekurangan vitamin B12 dikaitkan dengan daya ingat yang melemah.

5. Vitamin E

Kemampuan mengingat, melihat, mendengar, serta pembelajaran si kecil bisa dipengaruhi oleh asupan vitamin E.

Anda bisa mendapatkan vitamin E dari berbagai sumber seperti telur, kacang almond, dan brokoli.

6. Magnesium

Magnesium dapat berpengaruh terhadap kemampuan otak, salah satunya untuk tetap fokus. Berbagai penelitian juga menemukan, asupan magnesium yang rendah dikaitkan dengan gangguan kognitif.

Magnesium sendiri bisa didapat dari banyak makanan nabati dan hewani, termasuk sayuran berdaun hijau seperti bayam, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

7. Zat besi

Sama seperti vitamin B6, zat besi juga berperan dalam proses produksi dopamin. Mengutip berbagai sumber, sejumlah penelitian menemukan kaitan antara kadar zat besi yang rendah pada anak dengan gangguan attention deficit disorder (ADD) dan attention deficit-hyperactivity disorder (ADHD).

Demikian beberapa vitamin dan nutrisi untuk kecerdasan otak anak. Selamat mencoba!