Amankan Perayaan Nataru 4.041 Personel Gabungan Dikerahkan

Berita557 views

Inionline.id – Sebanyak 4.041 personel gabungan dikerahkan dalam rangka Operasi Lilin Jaya 2023 untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Jakarta.

“Personel yang kami siapkan 4.041 yang terdiri dari aparat pemerintah, TNI dan Polri,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto di Polda Metro Jaya, Senin (18/12).

Operasi Lilin Jaya 2023 ini rencananya akan digelar mulai 22 Desember hingga 2 Januari mendatang. Dalam pelaksanaannya ada sejumlah hal yang akan menjadi fokus perhatian.

Pertama, soal pengamanan gereja-gereja di wilayah Jakarta yang akan menggelar ibadah atau misa perayaan Natal.

“Itu yang menjadi salah satu concern kami tadi bahwa tempat ibadah ini kan tempat kumpulnya orang banyak, kami sudah akan besok para kasatker, kapolres yang turun di lapangan langsung sebagai komandan pengamanan objek harus bisa memetakan kerawanannya apa,” tutur Karyoto.

Selain itu, lanjut Karyoto, pihaknya juga akan mengamankan seluruh tempat wisata di Jakarta selama masa libur Natal dan Tahun Baru. Kemudian untuk mengamankan dan membantu kelancaran arus mudik Natal dan Tahun Baru.

“Kami juga antisipasi kalau liburnya agak panjang nanti ini jadi mudik yang berpotensi lebih banyak lagi karena masih ada 4-5 hari untuk pulang kampung dari Jakarta ke Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur, baik jalan tol dan jalan arteri,” ucap Karyoto.