3 Tempat Pembuangan Akhir di Jatim Diresmikan Langsung Jokowi

Antar Daerah457 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo meresmikan tiga tempat pembuangan akhir (TPA) di Jawa Timur. Salah satunya Jabon di Kabupaten Sidoarjo yang dibangun memakai anggaran Rp384 miliar.

Jokowi mengatakan TPA itu dilengkapi fasilitas modern untuk mengelola ratusan ton sampah. Dia berharap infrastruktur ini dapat mendukung pengelolaan sampah di Jawa Timur.

“TPA Jabon di Kabupaten Sidoarjo dibangun dengan anggaran Rp384 miliar di luas lahan 29 hektare dengan kapasitas 1.650.000 meter kubik dan daya tampung sampahnya mencapai 450 ton per hari,” kata Jokowi di Kota Malang, Kamis (14/12).

Pada saat bersamaan, Jokowi juga meresmikan dua TPA modern bernilai ratusan miliar lainnya. Dua TPA itu adalah TPA Supit Urang di Kota Malang dan TPA Banjardowo di Kabupaten Jombang.

TPA Supit Urang dibangun dengan anggaran Rp237 miliar. Tempat itu punya luas lahan 5,2 hektare dan mampu menampung 450 ton sampah per hari.

Sementara itu, TPA Banjardowo berdiri di atas lahan 4,45 hektare dengan anggaran pembangunan Rp203. TPA ini punya daya tampung sampah 110 ton per hari.

“Persoalan sampah adalah persoalan yang sangat serius. Kalau sampah tidak ditangani dengan baik, akan menimbulkan berbagai permasalahan, baik masalah sosial, masalah kesehatan, dan juga menimbulkan bencana,” ujarnya.

Jokowi berkeliling Jawa Timur hari ini dalam rangka kunjungan kerja kepresidenan. Dia memulai hari dengan meresmikan Pasar Induk Among Tani di Kota Batu.

Setelah meresmikan tiga TPA modern, Jokowi akan berkunjung ke sekolah. Dia juga akan menemui masyarakat untuk membagikan BLT El Nino.