Usai RS Indonesia di Gaza Hancur, RI Bersiap Kirim Kapal Rumah Sakit

Headline, Nasional957 views

Inionline.id – Usai Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza hancur gegara digempur pasukan Israel, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Indonesia akan mengirim kapal rumah sakit ke Palestina.

Rencana pengiriman ini terungkap saat Retno menggelar konferensi pers secara daring, Selasa (28/11).

“Dari sisi Indonesia, saya sampaikan komitmen Indonesia untuk meningkatkan bantuan, termasuk kesiapan mengirimkan kapal rumah sakit,” kata Retno saat menyinggung negara di dunia perlu meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Rencana pengiriman kapal ini terjadi usai RS Indonesia di Gaza hancur dan tak lagi beroperasi karena diserang pasukan Israel.

Mereka juga menyerang generator rumah sakit dan meledakkan jalan-jalan di dekat rumah sakit.

Tak hanya itu, mereka meminta seluruh penghuni rumah sakit baik pasien maupun pengungsi angkat kaki dari sana.

Sejak agresi Israel, warga banyak yang mengungsi di RS Indonesia karena dianggap lebih aman. Para pengamat menilai Israel ingin menunjukkan bahwa tak ada tempat aman di Gaza dengan cara menggempur rumah sakit.

Sebelum serangan dan pengusiran itu berlangsung, pasukan Israel beserta tank-tanknya mengepung fasilitas medis tersebut.

Israel sempat menuduh RS Indonesia menjadi markas Hamas sebelum mengepung dan melakukan serangan. Namun, tuduhan ini dibantah organisasi relawan yang turut berpartisipasi RS itu, Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Rencana pengiriman bantuan ini juga pernah disampaikan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto saat bertemu Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhari Al Shun pada awal November lalu.

Dalam pertemuan itu, Prabowo menawarkan bantuan kemanusiaan termasuk kapal rumah sakit.

“Saya membahas rencana kita, tawaran kita untuk mengirim kapal rumah sakit, dan ini akan kita koordinasikan dengan pemerintah Mesir,” ujar Prabowo, dikutip situs resmi.

Dia kemudian berujar, “Saya sudah lapor ke Bapak Presiden dan berkoordinasi dengan Menlu kita.”

Prabowo lantas mengatakan akan berkoordinasi dengan Duta Besar Mesir untuk membahas prosedur pengiriman kapal rumah sakit.