Soal TikTok Shop Bakal Balik Lagi, Zulhas Buka Suara

Berita657 views

Inionline.id – TikTok dikabarkan akan mengoperasikan kembali TikTok Shop di Indonesia dengan menggandeng e-commerce lokal. Berdasarkan informasi ada sejumlah e-commerce lokal yang didekati TikTok.

Menanggapi hal ini, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) ikut berkomentar terkait isu kembalinya TikTok Shop. Zulhas tidak mempermasalahkan kehadiran TikTok Shop selama mematuhi peraturan yang ada di Indonesia.

“Asal sesuai aturan boleh, kita tidak anti asing diatur yang penting ditata, agar bisa mendukung UMKM kita mengembangkan pasarnya bahkan hingga internasional ekspor,” kata Zulhas usai acara pengukuhan guru besar di Bidang Ilmu Sosial Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Rabu (29/11).

Namun, kata Zulhas, sampai dengan saat ini dirinya belum mendapat surat resmi berkaitan dengan masuknya kembali TikTok Shop ke Indonesia.

“Saya belum dapat suratnya dan belum dapat pemberitahuan,” jelasnya.

Hanya saja, tegas Zulhas, apabila TikTok Shop benar-benar kembali ke Indonesia, maka harus mampu mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal. Bukan malah mematikan UMKM lokal.

“Kalau itu gapapakan sama-sama menguntungkan yang selama inikan barang dari luar (masuk ke RI) UMKM kita mati. Yang harus kita balik UMKM kita masuk platform digital bisa diakses seluruh masyarakat Indonesia dan luar negeri,” ujar Zulhas.