Setelah Lulus Mahasiswa Ikut Program MSIB Dapat Pekerjaan 1,1 Bulan

Pendidikan857 views

Inionline.id – Kepala Program Magang dan Studi Independen (MSIB) Kemendikbudristek, Wachyu Hari Haji, mengatakan rata-rata mahasiswa Indonesia baru mendapatkan pekerjaan empat bulan setelah lulus. Menurutnya, masa menunggu selama empat bulan cukup melelahkan buat lulusan S1.

Hal itu terjadi karena sebagian mahasiswa tak memiliki kompetensi relevan dengan dunia kerja. Salah satunya, mahasiswa tidak magang pada bidang yang sesuai dengan program studinya semasa kuliah.

Namun, lewat program MSIB, mahasiswa bisa memiliki kompetensi yang baik. Wachyu menyebut mahasiswa MSIB bisa mendapatkan pekerjaan bahkan 1,1 bulan setelah lulus.

Wachyu mengatakan hal tersebut juga menjadi tolok ukur keberhasilan MSIB. Dia memastikan mahasiswa yang ikut MSIB mendapatkan tambahan skill dari yang tidak didapatkan di dalam kampus.

“Jadi, mereka tahu dunia kerja atau dia dapat memenuhi kompetensinya,” tutur dia.

Selain itu, tak ada mahasiswa magang sembarangan di MSIB. Artinya, yang dikerjakan di perusahaan, relevan dengan program studi yang dijalani.

“MSIB ini mahasiswa didorong untuk magang sesuai dengan bidangnya, dia tahu dunia dia yang sesungguhnya,” ungkap Wachyu.