Sejarah Panjang Semangka Jadi Simbol Perlawanan Palestina

Inionline.id – Bagi banyak orang, semangka mungkin hanya sekadar buah-buahan pada umumnya. Tapi tidak demikian bagi warga Palestina. Sebagai bentuk protes, pertanian, kuliner, dan sastra, warga Palestina menggunakan semangka, untuk mewakili identitas nasional, hubungan dengan tanah air, dan perlawanan.

Tapi mengapa mereka memilih semangka?

Semangka mungkin merupakan buah paling ikonik yang mewakili Palestina. Tumbuh di seluruh Palestina, dari Jenin hingga Gaza, buah ini memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina – merah, hijau, putih dan hitam – sehingga digunakan untuk memprotes penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Setelah perang tahun 1967, ketika Israel menguasai Tepi Barat, Jalur Gaza dan mencaplok Yerusalem Timur, pemerintah melarang bendera Palestina di wilayah pendudukan.

Meski bendera tidak selalu dilarang oleh undang-undang, semangka dianggap sebagai simbol perlawanan. Itu muncul dalam karya seni, kemeja, grafiti, poster, dan tentu saja emoji semangka yang ada di mana-mana di media sosial.

Baru-baru ini, bendera tersebut kembali mendapat kecaman. Pada Januari 2023, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan Itamar Ben-Gvir menginstruksikan polisi untuk menyita bendera Palestina dari tempat umum.

Hal ini diikuti pada bulan Juni dengan rancangan undang-undang yang melarang penggunaan bendera di lembaga-lembaga yang didanai negara, yang menurut laporan Haaretz telah mendapat persetujuan awal dari Knesset.

Sebagai tanggapan, Zazim, sebuah organisasi perdamaian akar rumput Arab-Israel, memasang bendera Palestina – dalam bentuk semangka – di sekitar selusin layanan taksi Tel Aviv.

“Jika Anda ingin menghentikan kami, kami akan mencari cara lain untuk mengekspresikan diri kami,” kata Amal Saad, warga Palestina dari Haifa yang mengorganisir kampanye semangka Zazim dikutipdari Al Jazeera.

Saad tidak yakin apakah sayap kanan akan mencoba menghentikannya, jadi dia menyembunyikan rencananya. Namun, Saad mengatakan dukungan yang diterimanya sangat besar, dengan lebih dari 1.300 aktivis menyumbang untuk tujuan tersebut.

Sumbangan masyarakat memungkinkan Zazim untuk menyimpan semangkanya selama dua minggu, seminggu lebih lama dari yang direncanakan semula, dan kampanyenya kini telah beralih ke pendistribusian kaos semangka.

Kisah lainnya melibatkan seniman Sliman Mansour, Nabil Anani dan Issam Badr, yang pamerannya di 79 Gallery pada tahun 1980 ditutup oleh tentara Israel karena karya seninya dianggap politis dan bergambar bendera Palestina serta warnanya.

Menghadapi petugas tersebut, Badr bertanya, “Bagaimana jika saya hanya ingin melukis semangka?”, dan dia menjawab, “Itu akan disita”.

Mansour, yang kini berusia sekitar tujuh puluhan dan tinggal di Birzeit, mengingat kejadian tersebut. Ia ingat bahwa pameran di Galeri 79 dibuka hanya selama tiga jam sebelum tentara mengosongkan ruangan dan menguncinya.

Dua minggu kemudian, petugas Israel memanggil ketiga seniman tersebut, memperingatkan mereka untuk berhenti memproduksi lukisan politik, dan mungkin malah melukis bunga.

“Mereka mengatakan kepada kami bahwa mengecat bendera Palestina itu dilarang, tapi warnanya juga dilarang. Maka Issam berkata, ‘Bagaimana jika saya membuat bunga berwarna merah, hijau, hitam dan putih?’, dan petugas itu menjawab dengan marah, ‘Ini akan disita. Bahkan jika Anda mengecat semangka, itu akan disita.’ Jadi semangka itu disebutkan, tapi oleh petugas Israel,” jelas Mansour.

Dalam beberapa hal, kebenaran narasi-narasi ini kini menjadi nomor dua, karena para seniman telah mengadopsi buah ini sebagai simbol perjuangan Palestina.

Contoh pertama dapat ditelusuri kembali ke Khaled Hourani, yang pernah mendengar versi cerita Mansour dan melukis sepotong semangka untuk proyek Atlas Subjektif Palestina pada tahun 2007. Karyanya kemudian berkeliling dunia, termasuk Skotlandia, Prancis, Yordania, Lebanon dan Mesir. Hourani juga mengadakan lokakarya seni yang berpusat pada karya di sekolah-sekolah di Ramallah.

Dalam beberapa minggu terakhir, setelah kehancuran dan kematian di Gaza, dukungan online untuk Palestina telah memperkuat perbincangan seputar hak-hak Palestina dan pendudukan Israel yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Seiring dengan maraknya kampanye online, karya Hourani mendapat perhatian baru yang menurutnya sangat luar biasa, dengan ratusan pesan berdatangan.

“Bagiku, itu terjadi secara tiba-tiba. Ini hanyalah salah satu proyek saya, yang tidak sesukses atau seluas sekarang,” katanya. “Ini adalah bentuk solidaritas yang unik… Ini sangat kuat. Sejujurnya saya tidak tahu bagaimana menghadapinya. Ada yang menjadikannya sebagai tato, ada pula yang membuat pola untuk pakaian, menaruhnya di bendera, dengan media berbeda. Saya senang hal ini membawa perhatian pada perjuangan Palestina.”

Sarah Hatahet, ilustrator Yordania yang tinggal di Abu Dhabi, telah menciptakan karya seni semangka sendiri setelah menemukan karya Hourani di media sosial. Yang lainnya, seperti Sami Boukhari, yang tinggal di Jaffa, Aya Mobaydeen di Amman, Beesan Arafat di Inggris, juga memanfaatkan kisah semangka dan membagikan karya seni mereka di media sosial.

Hourani menggambarkan dukungan terhadap Palestina secara online, khususnya dari generasi muda, memiliki semacam “keajaiban”.

“Orang-orang di seluruh dunia berdiri dan mengatakan bahwa pendudukan harus diakhiri. Ini adalah momen bersejarah. Sebagai seorang seniman, sebagai manusia, saya merasa terhormat bahwa karya saya digunakan sebagai alat atau bagian dari kekuatan pendorong ini,” katanya.

Perlawanan melalui seni mempunyai sejarah yang panjang di Palestina, begitu pula serangan terhadap budaya Palestina – tidak hanya dalam bentuk sensor, seperti pelarangan terhadap negara.