Penetapan Capres-Cawapres di KPU Dikawal Ribuan Personel Gabungan

Berita1857 views

Inionline.id – Untuk mengamankan penetapan daftar calon tetap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Pemilihan Presiden 2024 di Kantor KPU, sebanyak 1.318 personel gabungan dikerahkan, Senin (13/11) ini.

Penetapan capres-cawapres bakal diumumkan usai KPU melakukan rapat pleno secara tertutup. Rencananya pengumuman penetapan pasangan capres-cawapres dilakukan pukul 15.00 WIB.

“Untuk pengamanan ada 1.318 personel yang kita kerahkan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangannya.

Ribuan personel itu terdiri dari 388 personel Satgasda, 30 personel Satgasres, serta 900 personel BKO yang berasal dari Kodam Jaya, Korbrimob, dan Korsabhara.

Selain itu, kepolisian juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Kantor KPU guna mengantisipasi kemacetan kendaraan.

“Rekayasa lalu lintas kita laksanakan secara situasional,” ucap Trunoyudo.

Saat iniĀ ada tiga pasangan bakal capres-cawapres yang telah mendaftar ke KPU. Ketiganya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar yang diusung oleh partai NasDem, PKS dan PKB yang tergabung dalam Koalisi Perubahan.

Kemudian, ada Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang diusung oleh Koalisi PDIP, Perindo, Hanura dan PPP. Dan terakhir ada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM)

Ketiga pasangan ini pun telah menjalankan pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. KPU pun telah menyatakan mereka telah lolos pengecekan kesehatan.

Usai penetapan pasangan, tahap selanjutnya adalah pembagian nomor urut bagi capres-cawapres pada 14 November besok. Selanjutnya dilanjutkan dengan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.