Makin ‘Pedas’ Harga Cabai Rawit di Jakarta Tembus Rp100 Ribu

Ekonomi957 views

Inionline.id – Harga cabai di sejumlah pasar tradisional Jakarta terpantau masih mahal, bahkan tembus Rp100 ribu per kilogram (kg) pada Kamis (13/11) ini.

Pantauan di Pasar Cidodol, Jakarta Selatan, harga cabai keriting merah dan cabai rawit merah naik dari Rp80 ribu per kg menjadi Rp100 ribu per kg.

Cabai keriting hijau dan cabai rawit hijau pun melejit dari Rp50 ribu per kg menjadi Rp70 ribu per kg.

Salah satu penjual, Feri, menyebut kenaikan harga cabai terjadi sejak seminggu yang lalu.

Senada, harga cabai di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, juga terpantau mahal. Cabai keriting merah naik dari Rp30 ribu per kg menjadi Rp90 ribu per kg.

Kemudian harga cabai keriting hijau naik dari Rp40 ribu per kg menjadi Rp70 ribu per kg. Sementara, harga cabai rawit merah dan hijau naik dari Rp60 ribu per kg menjadi Rp100 ribu per kg.

Para penjual cabai juga melaporkan kenaikan harga cabai terjadi sejak 2-3 minggu yang lalu.

Tak hanya cabai, harga gula putih, beras, dan telur pun terpantau naik.

Di Pasar Cidodol, gula putih naik dari Rp16 ribu per kg menjadi Rp18 ribu per kg. Sementara, harga telur naik dari Rp27 ribu menjadi Rp29 ribu per kg.

Beras pulen dibanderol Rp15 ribu per liter, dari sebelumnya dari Rp10 ribu per liter. Kemudian, beras pera naik dari Rp13 ribu per liter menjadi Rp15 ribu per liter.

Kenaikan serupa juga terjadi di Pasar Kebayoran Lama. Terpantau, beras merek Cap Tiga Jambu naik dari Rp10 ribu per liter menjadi Rp12 ribu per liter.

Lalu, beras Petruk naik Rp1.000 menjadi Rp13 ribu per liter. Sementara, beras pera naik dari Rp13 ribu per liter menjadi Rp14 ribu per liter.

Pedagang beras bernama Dimas menjelaskan harga beras per karung yang mereka dapatkan naik dari Rp500 ribu menjadi Rp600 per karung. Kenaikan harga ini telah terjadi sudah lebih dari sebulan yang lalu.

Sementara harga telur di Pasar Kebayoran Lama naik Rp2.000 menjadi Rp28 ribu per kg. Di sisi lain, harga telur kampung dan telur puyuh dilaporkan stabil.

Harga bawang merah, bawang putih, bawang bombai, tempe, tahu hingga minyak goreng terpantau stabil dan tidak mengalami kenaikan beberapa waktu terakhir.