Dalam Sehari Penumpang Kereta Cepat Whoosh Tembus 21 Ribu

Ekonomi1057 views

Inionline.id – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat jumlah penumpang Whoosh tembus 21.312 orang pada Minggu (11/11) dan menjadi rekor tertinggi sejak kereta cepat ini beroperasi.

Jumlah itu dicapai melalui pengoperasian 36 jadwal perjalanan, dengan rincian 28 perjalanan reguler dan delapan perjalanan tambahan.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan capaian tersebut menjadi kinerja angkutan tertinggi selama Kereta Cepat Whoosh beroperasi.

“Peningkatan jumlah penumpang ini seiring dengan adanya peningkatan jumlah perjalanan di akhir pekan. Kereta Cepat Whoosh kini menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk melakukan perjalanan Jakarta-Bandung dan sebaliknya,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (13/11).

Ia merinci dari 21.312 penumpang, 497 penumpang atau 2,3 persen merupakan penumpang first class, lalu 886 penumpang atau 4,2 persen penumpang business class.

Kemudian, 19.929 penumpang atau 93,5 persen penumpang premium economy class.

Sebelumnya, angka penumpang tertinggi terjadi pada Sabtu (11/11) sebanyak 20 ribu penumpang dan Sabtu (4/11) pekan lalu, yakni 18 ribu penumpang.

KCIC mencatat dibandingkan pekan lalu, pada minggu ini terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 18 persen atau sebanyak 3.259 penumpang.

Dari sisi jumlah perjalanan pun meningkat sebesar 12 persen, dari 32 perjalanan pada Sabtu (4/11) menjadi 36 perjalanan pada Sabtu (11/11) dan Minggu (12/11).

Eva menyebutkan rata-rata okupansi atau keterisian masing-masing perjalanan mencapai 98,5 persen. Bahkan, di jadwal tertentu okupansi mencapai 100 persen atau terjual habis. Melihat tingginya permintaan penumpang tersebut, KCIC secara berkala juga melakukan evaluasi khususnya terkait jadwal dan jumlah perjalanan kereta.

“Kami turut senang karena antusias penumpang terhadap Kereta Cepat Whoosh sangat tinggi. Kami berharap, ke depannya penumpang akan tetap terus tinggi dan semakin banyak yang terbantu dengan kehadiran Kereta Cepat Whoosh,” kata Eva.

Kereta Cepat Whoosh merupakan layanan kereta cepat pertama di Indonesia dan Asia Tenggara yang beroperasi dengan kecepatan hingga 350 km/jam. Kereta Cepat Whoosh memiliki jalur sepanjang 142,3 km dengan 13 terowongan dan melayani empat stasiun, yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.