Majelis BKOMS Al azhar BSD Gelar Donor Darah, Ratusan Orang Antusias

Inionline.id – Donor darah dapat memberikan kepuasan emosional dan kebahagiaan. Oleh karena itu, Majelis Badan Kerjasama Orang Tua Murid dan Sekolah (BKOMS)  bersama BKOMS SMA Al azhar BSD menggelar donor darah pada Kamis (9/11).

Pasalnya, donor darah yang digelar di GSG, Al Azhar BSD, Serpong, Tangsel tersebut merupakan cara BKOMS Al Azhar BSD menyambut Hari Pahlawan 10 November 2023.

Dari mulai pukul 08.00-12.00 WIB, terpantau sebanyak 200 orang mulai dari pihak yayasan, guru, orang tua murid, hingga warga sekitar ikut serta untuk mendonorkan darahnya.

Lulu Hasan, selaku ketua bidang sosial acara donor darah mengungkapkan, dari 200 orang peserta yang mendaftar, hanya 89 orang saja yang berhasil mendonorkan darahnya.

“Target kita peserta pendaftar itu 200-250 orang dan target yang lolos mendonorkan darah itu 89 orang. Alhamdulillah, sesuai target kami bersama,” ujarnya.

Menurut Lulu, Meski donor darah merupakan suatu kegiatan yang mulia, tidak serta-merta semua orang bisa mendonorkan darahnya.

“Jadi ada tahap untuk bisa lolos mendonorkan darah. Pertama kita ada registrasi, terus pemeriksaan kadar hemoglobin darah,” ungkapnya.

“Kemudian, pemeriksaan kesehatan oleh dokter. Jika dinyatakan lolos peserta donor mulai pengambilan darah,” tambahnya.

Di sisi yang sama, Ariana Puspita, Ketua BKOMS SMA Al- Azhar mengucapkan rasa terimakasihnya atas kelancaran agenda donor darah ini.

Ke depan, Ariana berharap agar kegiatan yang mempunyai nilai positif ini bisa pihaknya selenggarakan secara rutin tiap tahunnya.

“Kalau memungkinkan bisa kita lakukan beberapa kali dalam setahun. Intinya, kegiatan ini membawa kebaikan dan kebahagiaan dalam berbagi,” ungkapnya.

“Terimakasih juga kepada para pendonor yang telah berhasil mendonorkan darahnya, dan selamat sudah menjadi pahlawan untuk sesama. Semoga semua yang kita lakukan ini menjadi keberkahan untuk semuanya,” tandasnya.

Donor Darah Kegiatan Pertama Majelis BKOMS Al Azhar Periode 2023-2023

Masih dari sisi yang sama, Ketua Majelis BKOMS Yuliantie Utami (Uwie) mengungkapkan rasa bangga atas dedikasi dan antusias para panitia dan peserta donor darah.

“Terimakasih atas kerjasama teman-teman. Ini kegiatan pertama rangkaian ALFEST 2023 yang Majelis BKOMS jalankan dan Alhamdulillah acara sukses dan lancar. Ini adalah awal yang bagus untuk BKOMS yang solid,” ungkapnya.

“Terimakasih juga kepada PMI Tangerang Selatan yang telah mensupport kegiatan donor darah ini. Kami berharap, kedepannya bisa selalu bekerjasama dalam kegiatan sosial ini, untuk berbagi kebaikan dan kebahagiaan,” tuturnya.

Menurut Uwie, kegiatan donor darah ini mestinya pihaknya selenggarakan pada Jum’at, 10 November besok, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional.

Namun, hari Jum’at terkendala akan waktu yang terbatas. Oleh sebab itu, pihaknya memajukan ke hari Kamis, 9 November agar mendapati kelonggaran waktu.

“Donor darah ini salah satu cara kami memperingati Hari Pahlawan, untuk memaksimalkan kegiatan tersebut jadi kami majukan harinya,” jelasnya.

“Mohon maaf kepada teman-teman yang tidak bisa ikut serta mendaftarkan diri menjadi peserta. Kita batasi waktu karena kesepakatan kami dengan PMI melakukan donor darah hanya selama 4 jam,” ucapnya.

Penjelasan PMI Tangsel untuk Donor Darah

Sementara itu, Tiar salah satu staf PMI Tangsel mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan oleh sekolah Al-Azhar ini menurutnya terbilang sangat bagus, dan antusias dari masyarakat pun sangat luar biasa.

“Acara donor darah di sekolah Al-Azhar ini hampir setiap tahun, tapi ini kali pertama saya disini. Menurut saya ini sangat bagus ya, pendonornya pun bisa sampai 80 orang lebih,” ujarnya.

Untuk kualitas umur, lanjut Tiar menjelaskan untuk yang berusia 60 tahun keatas itu diharuskan 6 bulan sekali harus mendonorkan darahnya.

“Kalau yang usianya kurang dari 60 tahun itu diharuskan 3 bulan sekali harus mendonorkan darahnya,” jelasnya.

Banyak manfaat yang didapat dari donor darah, salah satunya adalah bagus untuk kesehatan tubuh.

“Dengan donor darah bisa membuat darah menjadi baru, ibarat motor mah ganti oli, dan bisa membuat jantung, serta ginjal menjadi bagus. Bisa membuat nafsu makan juga,” ungkapnya.

“Tidak kalah pentingnya, yang perlu kalian ingat saat mendonorkan darah, untuk kriteria berat badan, itu minimal 45 Kilogram,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *