KPU: untuk Pemilih Luar Negeri Surat Suara Pilpres 2024 Sudah Dicetak

Berita1457 views

Inionline.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari mengatakan surat suara Pilpres 2024 untuk warga negara Indonesia di luar negeri sudah dicetak.

Distribusi akan dilakukan ke berbagai negara dalam waktu dekat secara bertahap.

“Surat suara pemilu di luar negeri, surat suara pemilu presiden sudah dipenuhi 100 persen, sekarang sedang proses pelipatan, sortir. Mulai 6 Desember sampai 23 Desember akan dikirimkan secara bertahap,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengutip detik.com, Kamis (30/11).

Hasyim mengatakan surat suara pemilihan anggota DPR dan DPRD DKI Jakarta untuk pemilih di luar negeri juga sudah dicetak.

Proses distribusi juga akan dilakukan di waktu yang sama seperti surat suara Pilpres 2024, yakni sepanjang 6 Desember hingga 23 Desember.

“Demikian juga surat suara Pemilu DPR RI yang mewakili dapil Jakarta II juga sudah 100% dicetak dan prosesnya sama dengan Pilpres, sedang dalam proses sortir, lipat, dan packing untuk disiapkan pemberangkatan,” ucap Hasyim.

Surat suara akan dikirim ke 16 wilayah di Afrika, 11 wilayah di Amerika Latin, 9 wilayah di Amerika dan 29 wilayah di Eropa.

Hasyim yakin distribusi logistik Pemilu di luar negeri bisa tuntas di akhir Desember. Dengan begitu, logistik Pemilu luar negeri sudah diterima oleh semua panitia pemilihan luar negeri (PPLN).

Setelah itu, surat suara dikirim ke alamat WNI masing-masing di luar negeri.

“Sekira-kiranya proses pengiriman surat suara ke pemilih di alamat masing-masing harus sudah dilakukan dalam jangka waktu 30 hari sebelum pemungutan suara di luar negeri,” kata Hasyim.