KPU Bogor Menerima Logistik Sebanyak 14.565 Kotak Suara Jelang Pemilu 2024

Antar Daerah1557 views

BOGOR, Inionline.id – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor menerima logistik Pemilu 2024 sebanyak 14.565 kotak suara.

Penerimaan logistik pemilu itu diterima langsung Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin di gudang logistik KPU Kota Bogor, Jalan Sholeh Iskandar, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Rabu (1/11/2023).

Samsudin mengatakan bahwa jumlah kotak suara yang didistribusikan KPU RI sudah sesuai kebutuhan di Kota Bogor.

“Hari ini semua terkirim kotak suara dari pusat, sesuai kebutuhan di Kota Bogor nanti masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan disimpan 5 kotak suara,” ucap Samsudin.

Samsudin mengungkapkan, jumlah TPS di Kota Bogor, berjumlah 2.913 TPS. Sementara untuk pendistribusian kotak suara ke masing-masing TPS pihaknya masih menunggu arahan dari pusat.

“Kita tunggu arahan KPU RI. Untuk kotak suara yang diterima hari ini akan kita simpan di gudang logistik milik KPU Kota Bogor,” jelasnya.

Terkait dengan bahan material kotak suara pemilu tahun ini, Samsudin menuturkan bahwa bahan materialnya masih sama seperti kotak suara saat pemilu 2019 lalu.

“Sedangkan, untuk bilik suara, tinta, stempel dan lainnya kita tunggu arahan KPU RI, tahap selanjutnya,” katanya.

Secara umum bentuk kotak suara di Pemilu 2024 tidak akan berbeda dengan kotak suara di Pemilu 2019, yakni persegi panjang termasuk bahan materialnya dari bahan kardus.

Ukuran kotak suara ini memiliki panjang 40 cm, lebar 40 cm, serta tinggi 60 cm. Bahan kardus yang digunakan adalah karton dupleks yang kedap dan tahan air. Beratnya mencapai 2,26 kilogram dan jika diisi kertas suara memiliki daya angkut 20 hingga 30 kg.

Untuk spesifikasi lainnya, yaitu ukuran lubang untuk memasukkan surat suara, yakni panjang 18 cm dan lebar 1,5 cm. Kemudian, rincian ketebalan kotak suara di sisi luar dan sisi dalam menggunakan Duplex coated 250 gram per meter persegi.

Lalu ketebalan sisi dalam, pada Pemilu 2024 nanti adalah Kraft 275 per meter persegi. Lanjut, ukuran jendela pada kotak suara di Pemilu 2024 mendatang yaitu 17 cm sementara tinggi jendela kotak suara yaitu 20 cm.