Kemenkes dan Polri Kirim 26,5 Ton Bantuan untuk Palestina, Berupa Tenda hingga Alat Medis

Berita957 views

Inionline.id – Bantuan kemanusiaan sebanyak tujuh ton peralatan kesehatan bagi warga Palestina di Gaza dikirimkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Polri, pada Minggu (5/11) malam.

Tujuh ton peralatan kesehatan itu berisi perlengkapan darurat untuk bedah minor dan obat-obatan. Selain itu, bantuan itu juga berisi air bersih.

Total terdapat 26,5 ton bantuan dari pemerintah Indonesia kepada Palestina yang dikirim malam itu.

“Bantuan Kemenkes dalam hal ini untuk kloter pertama akan mengirimkan tujuh ton yang meliputi air bersih, penyulingan air bersih,” kata Kepala Pusat Krisis Kemenkes Sumarjaya di Terminal Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Minggu (5/11).

“Kemudian ada obat-obatan dasar, seperti ISPA, penyakit kulit, diare, dan sebagainya,” lanjutnya.

Sumarjaya juga mengatakan Kemenkes akan mengirim bantuan medis khusus untuk peralatan rumah sakit di Gaza.

“Nanti untuk alat-alat medis yang untuk rumah sakit, kita berangkat di kloter kedua,” jelasnya.

Dalam kesempatan sama, Kepala Divisi Hubungan Internasional Irjen Pol Krishna Murni mengatakan Polri dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) telah melepas 26,5 ton dari 51,5 ton bantuan kemanusiaan dari Indonesia.

Bantuan kemanusiaan dari pemerintah dari Indonesia ini akan dikirim menggunakan pesawat komersial Airbus A330-900 yang terbang menuju Mesir dan diperkirakan tiba sekitar pukul 07.00 waktu setempat. Setelah itu, bantuan akan dikirim ke Palestina, lalu didistribusikan kepada warga di Gaza.

“Malam hari ini delegasi pemerintahan RI, khususnya yang diisi oleh anggota Polri dan anggota Kemenlu di dalamnya, berangkat dengan pesawat Airbus A330-900 dari Bandara Soetta menuju Bandara El-Arish, Mesir,” ujarnya.

Bantuan yang dikirim menggunakan pesawat tersebut meliputi pengadaan alat-alat kesehatan, logistik berupa makanan, serta tenda dan selimut.

“Dari bantuan Polri, yaitu 100 tenda pleton. Satu tenda bisa memuat 50 orang yang nantinya bisa memuat 5 ribu orang. Serta seribu selimut untuk musim dingin dan jaket musim dingin,” ungkap Krishna Murti.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melepas pengiriman bantuan dari Indonesia untuk Palestina, di Lanud Halim Perdanakusuma pada Sabtu (4/11).

Bantuan seberat 51,5 ton itu terdiri atas bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan di Gaza.

Jokowi mengatakan bantuan itu merupakan wujud solidaritas dan kepedulian Indonesia terhadap kemanusiaan.