Kapolres Sebut Tak Ada Izin, Demo Tolak Coldplay Diadang Polisi

Berita1357 views

Inionline.id – Aksi tolak konser Coldplay digelar oleh Gerakan Nasional Anti (Granati) LGBT di Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta Pusat, Rabu (15/11). Aparat kepolisian mengadang massa aksi di persimpangan jalan dekat Hotel Mulia, Senayan.

Massa aksi tampak berhadap-hadapan dengan petugas kepolisian di sekitar GBK, yakni persimpangan Jalan Asia Afrika, Jalan Gelora, dan Jalan Gerbang Pemuda.

Mereka memaksa maju menuju Jalan Asia Afrika ke arah GBK, lokasi konser Coldplay. Namun mereka dihalangi oleh polisi yang telah berada di lokasi.

Salah satu perwakilan massa aksi yang berada di mobil komando mengaku telah mengantongi surat pemberitahuan dari Polda Metro Jaya.

“Tolak tolak LGBT. Tolak konser Coldplay sekarang juga,” seruan massa aksi.

Kapolres Jakarta Pusat, Kombes Susatyo hadir dalam pengamanan aksi ini. Susatyo memberikan peringatan kedua kepada massa aksi.

“Enggak ada izin,” kata Susatyo saat ditemui di lokasi.

Pada 13.55 WIB, massa aksi tetap bertahan di persimpangan jalan. Mereka membaca ayat suci Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Polisi klaim tanpa pemberitahuan

Polda Metro Jaya menyebut aksi demo tolak konser Coldplay tidak memiliki pemberitahuan.

“Sejauh ini Polda Metro Jaya belum menerima pemberitahuan apapun,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko kepada wartawan, Rabu (15/11).

Trunoyudo kembali menyinggung soal aturan hukum. Ia menyampaikan kepolisian akan melakukan penegakan hukum jika terbukti ada pelanggaran yang dilakukan.

“Namun demikian langkah tentu negara hukum kita ikuti aturan. Apabila ada pelanggaran tentu prosedur hukum yang kita lakukan dalam langkah untuk memberikan rasa keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Trunoyudo kembali mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban umum demi kenyamanan bersama.

“Harapannya kita sama-sama meningkatkan mewujudkan rasa aman sehingga semua bisa berjalan sesuai prosedur hukum yang berlaku,” ucap dia.

Polda Metro Jaya mengerahkan 3.906 personel gabungan untuk mengamankan konser Coldplay yang digelar di SUGBK.

Selain itu Ditlantas Polda Metro Jaya juga telah menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar GBK. Masyarakat juga diimbau menghindari kawasan sekitar GBK mulai pukul 14.00 WIB.

Tak hanya itu, polisi juga mengimbau kepada para penonton untuk datang ke GBK dengan menggunakan moda transportasi umum. Sebab, tidak ada kantong parkir yang disediakan di sekitar area GBK dan akses kendaraan menuju ke dalam juga akan ditutup.