Imbas Hujan Deras, 18 RT di Jakarta Masih Terendam Banjir

Antar Daerah1057 views

Inionline.id – BPBD DKI Jakarta mencatat masih ada 18 RT di wilayah Jakarta yang terendam banjir imbas hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang terjadi pada Sabtu (4/11) kemarin.

Data tersebut merupakan hasil pemantauan BPBD DKI pada Minggu (5/11) hingga pukul 15.00 WIB. Daerah yang terendam banjir seluruhnya berada di wilayah Jakarta Timur.

“BPBD mencatat genangan yang sebelumnya terjadi di 54 RT, saat ini menjadi 18 RT atau 0,058 persen dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta,” kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji dalam keterangannya.

Disampaikan Isnawa, pihaknya juga mencatat ada 15 warga Kelurahan Kampung Melayu, Jakarta Timur yang mengungsi di aula Masjid Ittihadul Ikhwa.

Isnawa menyebut pihaknya telah mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. Selain itu, juga berkoordinasi dengan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama.

“Selain itu, BPBD DKI Jakarta juga berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi. Genangan ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat,” ucapnya.

Berikut data 18 RT di Jakarta yang masih terendam banjir berdasarkan data BPBD DKI Jakarta:

1. Kelurahan CIlilitan
– Jumlah: 1 RT
– Ketinggian: 60 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi & Luapan Kali Baru

2. Kelurahan Cawang
– Jumlah: 5 RT
– Ketinggian: 40 s.d 70 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi & Luapan Kali Ciliwung

3. Kelurahan Bidara Cina
– Jumlah: 2 RT
– Ketinggian: 40 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi & Luapan Kali Ciliwung

4. Kelurahan Kampung Melayu
– Jumlah: 10 RT
– Ketinggian: 50 s.d 100 cm
– Penyebab: Curah hujan tinggi & Luapan Kali Ciliwung