Hari Ini Jadwal KRL Bogor Berubah dan Kecepatan Maksimal 80 Km per Jam

Ekonomi1057 views

Inionline.id – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mengubah jadwal perjalanan KRL Commuter Line Bogor mulai hari ini, Rabu (1/11).

Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan jadwal pemberangkatan perjalanan Commuter Line Bogor di seluruh stasiun pemberhentian berubah 1 sampai 5 menit.

Keberangkatan awal Commuter Line di Stasiun Bogor juga akan ditambah dua perjalanan yang berangkat pukul 05.25 WIB dan 05.50 WIB.

Perubahan juga terjadi pada kecepatan moda transportasi itu yang juga akan berpengaruh pada pada perubahan jam keberangkatan perjalanan Commuter Line Bogor di seluruh stasiun lintas Bogor-Jakarta Kota.

“Perubahan maksimal kecepatan perjalanan pada lintas tersebut semula 70 km/jam menjadi 80 km/jam sehingga waktu tempuh perjalanan dari Bogor-Manggarai/Jakarta Kota berkurang 7-8 menit yang semula dari Bogor-Jakarta Kota selama 92 menit menjadi 85 menit. Sedangkan waktu tempuh perjalanan Bogor-Manggarai semula 70 menit menjadi 62 menit,” ungkap Anne, Selasa (31/10) seperti dikutip dari Antara.

Anne menyebut perubahan itu terjadi karena dampak dari penyesuaian Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023 yang diberlakukan oleh PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter bersama KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta.

Karenanya, pengguna diimbau untuk memperhatikan kembali jadwal perjalanan.

Dengan penambahan kecepatan maksimal perjalanan Commuter Line, KAI Commuter juga mengimbau kepada seluruh masyarakat yang akan melintas di perlintasan sebidang pada lintas Bogor-Manggarai untuk menjaga keselamatan saat melintas.

Anne mengatakan pengemudi kendaraan yang akan melintas di perlintasan sebidang wajib berhenti ketika sinyal sudah berbunyi, palang pintu kereta api sudah mulai ditutup, dan atau ada isyarat lain untuk mendahulukan perjalanan kereta api.

“Untuk jadwal terbaru, pengguna bisa melihat melalui aplikasi C-Access. Pengguna juga bisa melihat update jadwal terbaru melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline,” katanya.