Harga Beras Hingga Cabai Diakui Zulhas Masih Mahal

Ekonomi757 views

Inionline.id – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan harga sejumlah bahan pokok masih mahal saat ini, di antaranya beras, cabai, dan gula.

Hal itu ia sampaikan dalam kunjungan ke Pasar Senen, Jakarta, Kamis (30/11).

“(Harga) beras memang belum turun, tapi ada pilihan kalau kalau masyarakat keberatan dengan harga beras premium, bisa membeli beras Bulog yang harganya Rp11 ribu per kg. Jadi ada pilihan,” kata Zulkifli.

Untuk cabai, ia mengatakan harga masih tinggi khususnya di Jakarta. Menurutnya, itu terjadi karena cabai harus didatangkan dari daerah sentra produksi.

Ia menyebut harga cabai di Jakarta dibanderol Rp90 ribu per kg. Sedangkan di Gresik, Jawa Timur, hanya Rp70 ribu per kg.

Untuk mengatasi kenaikan harga, Zulkifli mengimbau pemerintah daerah (pemda) bisa mengalokasikan anggaran belanja tidak terduga untuk membiayai ongkos produksi.

Tak hanya beras dan cabai, harga gula juga masih mahal. Zulkifli menyebut itu terjadi lantaran pasokan gula masih berasal dari impor.

“Ya kalau semua impor maka ada kenaikan,” katanya.

Sementara itu, harga bahan pokok lainnya, kata Zulkifli, masih stabil. Telur dibanderol Rp26 ribu per kg, daging ayam Rp33 ribu per kg, bawang putih Rp32 ribu per kg, dan bawang merah Rp26 ribu per kg.

Menjelang momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru), Zulkifli mengatakan akan terus mengecek ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar.

“Ini Nataru penting ya karena menjamin kesediaan bahan pokok. Harga terjangkau itu yang utama bagi kita agar Nataru bisa berlangsung dengan baik, masyarakat bisa mendapat bahan pokok tersedia banyak dan harganya terjangkau,” imbuh Zulkifli.