Dalam Pertukaran Mahasiswa dan Kolaborasi Riset, UGM Sepakat Kerja Sama dengan RMIT University

Pendidikan857 views

Inionline.id – Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Royal Melbourne Institute of Technology atau RMIT University sepakat menjalin kerja sama di sejumlah hal. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Wakil Rektor UGM Bidang Pendidikan dan Pengajaran, Wening Udasmoro, dan Deputy Vice-Chancellor Business and Law and Vice-President RMIT University, Julie Cogin.

“Pemerintah saat ini membuka banyak kesempatan bagi mahasiswa Indonesia untuk memperoleh paparan internasional, baik dengan belajar di perguruan tinggi maupun magang di industri internasional. Harapannya RMIT bisa menjadi salah satu perguruan tinggi tujuan untuk mahasiswa kami,” kata Wening dikutip dari laman ugm.ac.id, Selasa, 28 November 2023.

Wening mengungkapkan pertukaran mahasiswa menjadi salah satu program yang banyak diminati mahasiswa UGM. Hal ini terbukti dari animo mahasiswa mengikuti Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dia menyebut paparan internasional tidak hanya penting bagi mahasiswa, tetapi juga dosen dan peneliti. “Kami ingin dosen juga bisa melihat seperti apa fasilitas pendidikan dan laboratorium yang ada di sana, serta riset-riset yang sedang dikerjakan,” ujar Wening.

Sementara itu, Julie menyebut Indonesia masih menjadi salah satu negara tujuan utama mahasiswa Australia mengikuti pertukaran mahasiswa. Julie mengaku mahasiswanya sangat tertarik untuk datang ke Indonesia.

“Karena pandemi sudah menurun dan perbatasan mulai dibuka, anak muda Australia sangat ingin pergi ke luar negeri dan merasakan suasana yang berbeda,” ucap Julie.

Dia menuturkan pihaknya tertarik mengeksplorasi berbagai kemungkinan kolaborasi di masa mendatang. Termasuk, dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi.

“Kami memiliki sekolah vokasi yang cukup besar, jadi kami sangat menantikan diskusi soal peluang-peluang di masa mendatang,” ujar dia.

Akademisi dari UGM dan RMIT juga berdiskusi mengenai berbagai isu strategis, termasuk berbagai tantangan bagi generasi muda saat ini. Kedua institusi berkomitmen menghadirkan pembelajaran yang bermakna bagi mahasiswa. Hal itu untuk mempersiapkan mereka menjadi sumber daya manusia unggul selepas menamatkan pendidikan di perguruan tinggi.