Berikut ini Jadwal Lengkap Capres-Cawapres di Hari Pertama Kampanye Pilpres 2024

Politik857 views

Inionline.id – Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 memasuki tahap kampanye yang dimulai pada hari ini, Selasa (28/11). Kampanye Pilpres 2024 akan berlangsung selama 75 hari hingga 10 Februari 2024 mendatang.

Masing-masing pasangan calon (paslon) capres cawapres memulai kampanye di tempat yang berbeda-beda pada hari pertama kampanye. Berikut jadwal lengkap masing-masing paslon pada hari pertama kampanye Pilpres 2024:

Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan – Cak Imin

Anies akan mengawali kampanye perdana di wilayah Tanah Merah, Jakarta Utara. Setelah kick off, ia akan mendatangi sejumlah titik di Jakarta.

Ketua Tim Nasional Pemenangan (TPN) AMIN, Syaugi Alaydrus mengatakan Anies memiliki sejarah tersendiri dengan Tanah Merah. Namun, enggan merinci sejarah penting apa antara Anies dan kawasan tersebut.

“Besok yang pertama ada di Jakarta kick off-nya ada di Tanah Merah, kemudian setelah itu siang ke Bogor setelah itu ke Bandung untuk capres,” kata Syaugi di Kantor KPU, Jakarta, Senin.

Sementara Cak Imin akan mengawali kampanye di Jawa Timur. Ia akan sowan ke ibunda sebelum kemudian lanjut bergerak ke sejumlah titik di Jatim. Ia mengungkapkan tak bersama-sama dengan Anies dalam kampanye agar jangkauan menjadi lebih luas.

“Ya berbagi tugas supaya jangkauannya luas. Saya tanggal 13 masuk lagi,” kata dia.

Cak Imin pun telah cuti sebagai pimpinan DPR. Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad mengatakan telah mengeluarkan surat cuti bagi Cak Imin hingga 12 Desember mendatang.

Paslon Nomor Urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Sementara itu, pasangan Prabowo-Gibran belum akan cuti pada hari pertama kampanye. Mereka akan menjalankan fungsinya sebagai Menhan dan Wali Kota Solo. Sekretaris Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyampaikan keduanya belum mengambil cuti pada hari ini.

“Besok karena beliau masih menjabat aktif menjadi menteri pertahanan dan Mas Gibran masih menjabat aktif sebagai wali kota, besok masih bekerja seperti biasa, tidak mengambil hak cuti,” kata Nusron.

Nusron menyebut kepentingan negara lebih penting ketimbang kepentingan kampanye. Ia menyebut keduanya bekerja demi melayani rakyat dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, Prabowo-Gibran akan mengambil cuti hanya jika dibutuhkan. Ia menjelaskan aturan memperbolehkan demikian.

“Cuti kampanye dilakukan saat dibutuhkan untuk cuti, ya dia cuti, bisa akhir pekan, bisa awal pekan, pokoknya saatnya dibutuhkan,” ujarnya.

Namun, Nusron menyampaikan TKN akan mulai bergerak pada hari ini. Ia menyebut kampanye akan dilakukan secara serentak di 200 titik yang berbeda di Indonesia pada hari ini.

“Serentak, ya kan, 200 titik se-Indonesia, kampanye apa? Sosialisasi program unggulan Pak Prabowo-Gibran,” ucap dia.

Paslon Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Ganjar akan mulai berkampanye di Papua pada hari ini. Berpisah dengan Mahfud yang berangkat ke Aceh. Ganjar menyampaikan strategi kampanye itu dilakukan dalam rangka menjamah dua wilayah yang terletak di ujung timur dan barat Indonesia.

“Saya di Papua, Pak Mahfud di Aceh. Dari timur ke barat kita bergerak,” kata Ganjar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (27/11).

Mahfud sendiri telah mengantongi izin cuti sebagai Menkopolhukam dari Presiden Joko Widodo.