Berikut ini 7 Minuman yang Bisa Jadi Penyebab Batu Ginjal

Kesehatan157 views

Inionline.id – Batu ginjal adalah salah satu penyakit gaya hidup. Terutama berkaitan dengan kebiasaan makan dan minum minuman penyebab batu ginjal.

Ginjal sendiri merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Fungsi organ ini adalah menyaring limbah dalam tubuh yang berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari.

Ketika organ ini mengalami kerusakan. Dampaknya cukup berbahaya untuk tubuh. Salah satu penyakit atau kerusakan yang bisa terjadi adalah munculnya batu ginjal.

Melansir Kidney, batu ginjal adalah benda keras yang terbuat dari mineral, garam, dan bahan kimia dalam urine. Urine mengandung berbagai macam limbah, saat terlalu banyak maka akan membentuk kristal di ginjal.

Gejala yang muncul saat seseorang mengalami penyakit ini adalah nyeri hebat di punggung bagian bawah, darah dalam urine, mual, muntah, demam dan menggigil, atau urine berbau tidak sedap dan berwarna keruh.

Limbah kimia penyebab batu ginjal bisa berasal dari minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Apa saja minumannya? Berikut beberapa minuman penyebab batu ginjal:

1. Air alkali

Air alkali diklaim memiliki berbagai manfaat kesehatan. Mulai dari mencegah penyakit, meningkatkan metabolisme, hingga memperlambat proses penuaan.

Tapi, menukil berbagai sumber air alkali justru bisa menyebabkan batu di ginjal tumbuh semakin besar. Alih-alih minum air alkali, lebih baik minum air putih biasa yang sudah jelas tidak memiliki efek buruk untuk kesehatan.

2. Minuman olahraga atau ion water

Sebagian besar minuman olahraga mengandung banyak natrium tambahan. Natrium tambahan ini dengan mudah bisa menyebabkan batu tumbuh di ginjal Anda.

Alih-alih ion water atau minuman olahraga lainnya, lebih baik minum air putih atau limun hingga air jeruk nipis. Sitrat yang terkandung dalam air jeruk nipis atau limun bisa menghambat tumbuhnya batu ginjal. Tapi ingat, pilih air limun asli bukan kemasan.

3. Minuman bersoda

Penelitian yang dilakukan oleh National Institutes of Health menemukan bahwa, mereka yang minum soda setiap hari memiliki peningkatan peluang terbentuknya batu ginjal sebesar 23 persen.

Kemungkinan besar alasan soda bisa menyebabkan batu ginjal karena asam fosfat yang terkandung di dalamnya. Asam fosfat memang bisa menyebabkan batu ginjal.

4. Minuman yang mengandung gula

Konsumsi gula yang tinggi dan biasanya ada di minuman manis bisa menyebabkan batu ginjal. Melansir Care Hospital, gula jadi bahan berisiko penyebab batu ginjal.

Apalagi jika minuman manis ini berasal dari sirup fruktosa tinggi. Wajib dihindari karena berisiko menyebabkan batu ginjal.

5. Minuman dengan pemanis buatan

Pemanis buatan digunakan untuk mengurangi asupan gula. Tapi pemanis buatan ini justru mempengaruhi fungsi ginjal secara negatif.

Pemanis buatan harus dihindari. Anda bisa menggantinya dengan madu alami.

6. Terlalu banyak kafein

Asupan kafein dalam jumlah lebih banyak juga berbahaya. Kopi, teh, dan soda mengandung kafein. Konsumsi berlebihan minuman yang memiliki kadar kafein lebih tinggi dapat menyebabkan batu ginjal.

7. Produk susu

Makanan dan minuman olahan susu memang mengandung kalsium yang cukup tinggi dan bagus untuk kesehatan tulang. Tapi ini juga berbahaya untuk ginjal karena kalsium yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan batu ginjal.

Itulah beberapa jenis minuman penyebab batu ginjal. Hati-hati setiap kali mengonsumsi minuman, kuncinya jangan berlebihan.