Berikut ini 7 Kebiasaan yang Membuat Kamu Berumur Pendek

Kesehatan257 views

Inionline.id – Siapa yang tidak ingin berumur panjang?

Sehat, bahagia, memiliki umur panjang adalah hal-hal terbaik dalam hidup yang bisa dialami manusia. Tapi kenyataannya, banyak orang dan mungkin Anda, justru terjebak dalam kebiasaan yang bisa menyebabkan umur pendek.

Akibatnya, Anda kehilangan kesempatan memiliki umur panjang, bahagia, dan selalu sehat. Memang apa saja kebiasaan yang menyebabkan umur pendek?

Kebiasaan baik membawa Anda ke hal yang lebih baik. Hal sama juga berlaku untuk kebiasaan buruk.

Terlalu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk sangat berpengaruh dalam hidup. Bahkan bisa membuat usia Anda lebih pendek.

Berikut kebiasaannya, agar bisa segera Anda ubah jika ada yang sering dilakukan:

1. Bekerja terlalu keras

Setiap orang pasti pernah mengalami stres karena banyaknya tugas di tempat kerja yang harus dikerjakan.

Menukil berbagai sumber, Anda harus hati-hati. Jika hal ini menjadi kebiasaan, dan Anda harus bekerja sangat keras untuk mencapai tenggat yang mepet, bisa membuat umur pendek. Salah satunya karena terkena serangan jantung.

2. Begadang

Ternyata kebiasaan begadang benar-benar buruk untuk kesehatan. Menukil Bustle, tidur kurang dari enam jam setiap malam membuat Anda 12 persen lebih mungkin meninggal sebelum waktunya.

3. Terlalu banyak tidur

Sama halnya dengan begadang, tidur terlalu banyak juga berdampak buruk untuk kesehatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS One menyebut orang yang tidur lebih dari sembilan jam sehari, memiliki risiko berumur pendek.

4. Tinggal di tempat bising

Tinggal di kota besar memang memiliki banyak keuntungan. Tapi hal ini juga berdampak buruk pada kesehatan, terutama jika tempat yang Anda tinggali termasuk bising.

Penelitian dari London School of Hygiene & Tropical Medicine menemukan bahwa paparan kebisingan lalu lintas dalam jangka panjang di siang hari, berkontribusi terhadap risiko harapan hidup yang lebih pendek.

Hal ini karena kebisingan lalu lintas dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah dan hormon stres kortisol. Semua ini dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lebih besar.

5. Tidak beretika

Bersikap tidak sopan atau bersikap buruk dan emosional ternyata bisa merugikan kesehatan. Sebuah studi selama 30 tahun dari Mayo Clinic menemukan bahwa orang yang optimis memiliki risiko kematian dini. Bahkan risiko itu sekitar 50 persen lebih rendah dibandingkan orang yang pesimis.

Orang yang berpikiran negatif cenderung mengalami stres. Semua ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko sakit.

6. Terlalu sering chatting

Menggunakan handphone yang berlebihan terbukti menyebabkan nyeri pada leher, bahu, kepala, dan punggung. Postur tubuh yang tidak normal secara terus-menerus terbukti memperpendek umur. Hal ini bisa terjadi karena ada tekanan pada organ dalam, pembuluh darah, dan saraf.

7. Bepergian untuk bekerja

Anda mungkin tidak bisa memiliki rumah yang dekat dengan tempat kerja. Akibatnya, perjalanan kurang lebih satu jam setiap hari harus dilakukan.

Tapi, perjalanan seperti ini terbukti meningkatkan stres. Bahkan orang yang melakukan perjalanan seperti ini cenderung tidak melakukan aktivitas lain yang sehat. Efeknya bisa memunculkan penyakit yang bikin umur pendek.