Berikut ini 5 Jenis Minuman untuk Penderita Ginjal, Bukan Hanya Air Putih

Kesehatan957 views

Inionline.id – Minum adalah salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Lalu minuman apa saja yang baik untuk penderita ginjal?

Meskipun minum memang baik untuk menjaga kesehatan ginjal, tapi tidak semua minuman bisa Anda konsumsi. Bagi Anda yang memiliki penyakit ginjal, tentunya harus berhati-hati dengan semua cairan yang dikonsumsi.

Hal ini karena beberapa minuman bisa berbahaya dan menyebabkan penyakit ginjal yang Anda alami semakin memburuk. Misalnya alkohol dan minuman tinggi gula, tentu harus dihindari sebisa mungkin.

Lantas apa saja minuman yang baik untuk penderita ginjal? Berikut beberapa jenis minumannya:
1. Air putih

Melansir Central Florida Kidney Centers, air adalah pilihan ideal bagi pasien penyakit ginjal. Pasalnya, air tidak hanya bergizi tetapi juga tidak mengandung kalori. Meminum air untuk menghilangkan dahaga merupakan hal yang ideal meskipun belum jelas apakah hal tersebut dapat membantu mengurangi perkembangan gagal ginjal pada tahap awal.

2. Smoothies

Smoothie bisa jadi pilihan untuk sarapan atau makan siang. Meskipun harus berhati-hati dengan pilihan buahnya, tapi smoothies bisa jadi minuman yang baik bagi Anda yang menderita penyakit ginjal. Anda cukup menghindari buah-buahan yang mengandung fosfor dan potasium yang tinggi.

3. Kopi

Bagi penderita ginjal, kopi bisa jadi pilihan yang baik untuk mengawali hari di pagi hari. Kopi tanpa gula dan susu cukup sehat dan tidak akan membahayakan ginjal Anda.

4. Teh hijau dan teh herbal

Melansir berbagai sumber, teh herbal seperti pepermin, kamomil, jahe, dan kembang sepatu dapat menghidrasi dan meningkatkan fungsi ginjal. Selain itu, teh hijau kaya akan antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan ginjal dan dapat menurunkan risiko batu ginjal.

5. Infused water

Infused water, juga dikenal sebagai air detoks atau air infus buah, adalah pilihan yang bagus dan cukup menghidrasi bagi penderita penyakit ginjal.

Anda bisa memilih beberapa buah pilihan misalnya blueberry, blackberry, cranberry, stroberi, lemon, mint, mentimun, dan jahe.

Itulah lima jenis minuman yang baik untuk penderita ginjal. Ternyata bukan air putih saja.