Wakil Ketua DPRD Jabar Ajak Warga Maseng Bogor Bershalawat

Antar Daerah657 views

Bogor, Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Jawa Barat Achmad Ru’yat menghadiri gelaran santunan yatim piatu Masjid Al-Madani, Kampung Maseng, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Minggu (08/10/2023).

Dihadiri oleh ratusan kaum ibu dan anak yatim, Ru’yat membuka acara dengan mengajak para peserta bershalawat.

Ru’yat yang juga seorang ulama mengingatkan kepada peserta yang hadir tentang keutamaan shalawat yaitu Allah SWT akan mengangkat derajat seseorang sepuluh derajat bila rajin bershalawat.

“Sebagaimana dalam hadits Nabi Muhammad SAW yang berbunyi, “Barang siapa bersholawat satu kali saja, Allah SWT akan memberinya sepuluh rahmat sama dengan sepuluh derajat baginya.”, ujar Ru’yat.

Selain itu mantan Wakil Wali Kota Bogor ini juga menambahkan soal ketahanan keluarga.

“Jumlah perceraian rumah tangga di Kabupaten Bogor pada tahun 2022 dari keterangan Kepala Pengadilan Agama Kabupaten Bogor ibu Siti Salbiyah mengatakan bahwa ada perkara cerai talak sebanyak 1.867 perkara dan cerai gugat sebanyak 6.011 perkara,” tukasnya.

Untuk itu Ru’yat menyebutkan bahwa aspek psikologis dari ketahanan keluarga juga memiliki peran yang penting.

“Ketahanan dalam psikologis berkaitan dengan kemampuan keluarga dalam membangun suasana psikis dalam keluarga yang positif sehingga dalam keluarga memiliki konsep positif,” imbuhnya.

“Keluarga akan tahan menghadapi masalah, ketika menghadapi masalahnya dengan respon yang baik dan positif. Permasalahan dapat dikontrol dengan emosi yang baik dan tidak menyalahkan orang lain, dengan menerima permasalahan itu dan mengatasinya,” tutup Ru’yat.