Tembus Rp11 T Aset Negara, Masih Banyak Yang Belum Dioptimalkan

Ekonomi557 views

Inionline.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan aset negara yang nilai totalnya Rp11 ribu triliun masih banyak yang bisa dioptimalkan supaya bisa berdampak besar ke perekonomian.

“Banyak sekali selama pembangunan Indonesia dilakukan, aset-aset kita yang nilainya sekarang Rp11 ribu triliun, itu sebagian besar sebetulnya sangat dan masih bisa dioptimalkan,” katanya di Malam Penganugerahan The Asset Manager, Selasa (17/10).

Ani, sapaan akrabnya, mengatakan negara emerging market seperti Indonesia perlu menggali sumber-sumber daya untuk meningkatkan pembangunan. Salah satunya dengan terus meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan aset melalui skema pembiayaan kreatif.

Ia mengatakan kemampuan mengelola aset negara secara lebih optimal masih relatif baru di Indonesia. Karenanya, Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) diharapkan menjadi pioner dalam memanfaatkan aset dengan prinsip the best and highest use.

“Sering saya bilang ke teman-teman, aset harus bekerja keras, tidak hanya kita bekerja keras untuk aset,” katanya.

Bendahara negara itu mengatakan pengoptimalan aset juga dilakukan negara lain seperti Inggris dan Prancis. Dalam kunjungan ke negara-negara tersebut pada pekan lalu, ia melihat banyak aset yang dikelola secara optimal sehingga memberikan manfaat.

“Saya di Paris, ada gedung OECD, gedungnya indah banget, bekas koloni kali. Itu menggambarkan mereka mampu untuk menggunakan gedung-gedung tua menjadi tempat aktivitas,” katanya.

“Saya harap ini bisa memberikan inspirasi bagi kita untuk menata aset-aset kita sehingga perekonomian kita bisa bergerak lebih baik dan aset-aset ini menjadi sumber penggerak perekonomian kita,” imbuhnya.