Soal Reshuffle Usai Mentan SYL Mundur, Jokowi Buka Suara

Berita1057 views

Inionline.id – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan secepatnya mempersiapkan kocok ulang atau reshuffle kabinet usai Syahrul Yasin Limpo (SYL) mundur dari jabatan Menteri Pertanian.

Hal itu diungkap Jokowi usai memberikan tanggapan atas surat permohonan pengunduran diri Syahrul yang telah ia terima di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (6/10) siang.

Pada kesempatan itu, Jokowi tak lugas menjawab kapan dirinya bakal menunjuk dan melantik mentan definitif pengganti SYL. Setidaknya ada tiga kali, Jokowi menjawab pertanyaan terkait pengganti politikus NasDem tersebut di kursi Mentan.

“Ya secepatnya,” jawab Jokowi menjawab pertanyaan wartawan.

Pun, dia tak lugas menjawab apakah pengganti SYL di kursi menteri pertanian akan kembali dari Partai NasDem.

“Secepatnya,” kata dia saat ditanya wartawan kembali soal waktu kocok kabinet alias reshuffle.

Saat ditanya lagi apakah pengganti SYL akan tetap dari NasDem selaku partai koalisi pemerintahan Kabinet Indonesia Maju, Jokowi menjawab, “Secepatnya kita siapkan.”

Sebelumnya, pada kesempatan tersebut Jokowi mengatakan telah menindaklanjuti dan meneken surat permohonan diri sebagai menteri pertanian dari SYL. Surat permohonan pengunduran diri dari politikus NasDem itu disebutnya diterima pada Kamis (5/10) malam.

“Ya tadi malam, saya sudah. Diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri Pak Menteri Pertanian,” ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (6/10) siang.

“Tadi pagi Sudah ditindaklanjuti, sudah saya tandatangani juga,” imbuhnya.

Untuk sementara Jokowi mengatakan Kepala Badan Pangan Nasional Arif Prasetyo bakal menjadi Plt Menteri Pertanian.

“Penggantinya masih Plt. Plt-nya Pak Arif Prasetyo Kepala Badan Pangan,” kata dia.