Ini 5 Makanan Mengandung Racun Sianida

Inionline.id – Film dokumenter Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso mengungkap fakta baru yang mencengangkan seputar sianida. Ternyata racun sianida yang mematikan ini juga diproduksi alami dalam makanan, salah satunya biji apel.

Ternyata, memang ada beberapa makanan yang menghasilkan racun sianida alami. Apa saja makanan mengandung racun sianida?

Jika Anda salah dalam mengolah makanan mengandung racun sianida, tentu saja racun ini akan bereaksi dan menimbulkan masalah dalam tubuh Anda.

Makanan Mengandung Racun Sianida Alami

Dinukil dari laman Indonesiabaik.id, ada beberapa makanan yang mengandung racun sianida, apa saja makanan tersebut?

1. Biji Apel

Seperti yang disebutkan dalam film dokumenter Ice Cold yang sedang viral, biji apel mengandung sianida.

Biji apel memiliki zat bernama amigladin yang akan melepas sianida jika bertemu dengan enzim pencernaan. Namun Anda tak perlu panik, butuh 200 biji apel agar bisa menghasilkan racun sianida yang dapat mematikan sel-sel tubuh Anda.

2. Kacang Almond

Anda harus waspada dengan kacang almond dengan rasa pahit, karena kacang ini mengandung sianida dalam jumlah tinggi.

Untuk meminimalisir risiko terpapar sianida tinggi, baiknya Anda mengolah kacang almond dengan benar. Pastikan Anda memilih kacang almond dengan rasa manis.

3. Ceri Hitam

Mulai dari biji ceri hitam, daun layu hingga ranting dan kayu pohon ceri hitam mengandung amygdalin yang dapat berubah menjadi sianida. Meski demikian, daging buah ceri hitam masih aman untuk dikonsumsi.

4. Persik dan Aprikot

Buah persik dan aprikot mengandung senyawa glikosida sianogenik. Hati-hatilah jika Anda memakan buah ini, pastikan tidak memakan terlalu banyak agar tubuh Anda tidak keracunan sianida.

5. Singkong

Sudah tahu kalau kulit singkong juga mengandung sianida. Jika Anda memakan sumber karbohidrat ini dengan tidak benar, bisa-biosa Anda keracunan sianida!

Singkong mengandung senyawa glikosida sianogenik yang melepaskan racun sianida. Pastikan Anda mengolah singkong dengan benar, yakni dengan cara mengupas kulit sampai bersih. Bagian kulit memiliki kandungan sianida paling tinggi.

Setelah itu rendam singkong setidaknya selama 48 jam, baru masak hingga matang sempurna. Cara ini harus dilakukan untuk meminimalisir racun sianida yang ada dalam singkong

Itulah sederet makanan yang mengandung racun sianida alami. Pastikan Anda mengonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan, dan mengolah makanan tersebut dengan benar agar tidak keracunan sianida.