Sakit Gigi Bisa Jadi Pertanda Penyakit Jantung, Jangan Anggap Sepele

Kesehatan157 views

Inionline.id – Sakit gigi mungkin jadi masalah kesehatan yang menyiksa, namun banyak orang yang menyepelekannya. Padahal, sakit gigi bisa jadi salah satu pertanda penyakit serius seperti sakit jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Eka Hospital Pekanbaru, Sanny March Silaban justru mengingatkan agar masyarakat tidak menyepelekan sakit gigi.

“Meskipun terkesan tidak berhubungan karena letak gigi dan jantung yang berjauhan, faktanya sakit gigi juga bisa menyebabkan sakit jantung jika tidak segera diobati, terutama jika infeksi telah menyerang gusi juga,” kata Sanny dalam keterangan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (9/10).

Sanny menjelaskan, sakit gigi memang tidak selalu berpusat di mulut. Pasalnya, gigi memiliki berbagai macam bagian yang terdiri dari enamel, gusi, akar, hingga saraf.

Saraf ini pastinya terhubung dengan peredaran darah yang mengalir ke otak dan jantung. Karena itu tidak heran jika sakit gigi juga bisa meluas dan menyebabkan masalah tertentu di organ tubuh lain, salah satunya di jantung.

“Gigi dan gusi adalah organ yang terdiri dari komponen-komponen penting seperti saraf dan pembuluh darah yang terhubung ke seluruh tubuh. Jika infeksi yang terjadi di gigi atau gusi mencapai saraf maka bakteri bisa menyebar dan menyerang organ lainnya melalui darah,” kata dia.

Misalnya kata Sanny radang gusi yang disebabkan karena penumpukan plak dan bakteri. Kebanyakan orang menganggap ini adalah masalah biasa pada mulut.

Namun yang tidak banyak diketahui adalah jika infeksi bakteri telah mencapai saraf, maka mereka bisa masuk dan mengalir dalam peredaran darah. Jika bakteri telah mencapai jantung maka ini akan menyebabkan infeksi jantung maupun pembuluh darah.

“Infeksi bakteri akan menjadi sangat serius ketika sudah merusak jantung dan pembuluh darah, karena bisa menyebabkan masalah serius pada jantung seperti gagal jantung,” kata dia.

Sanny juga menyebut, bukan hanya sakit gigi yang bisa menyebabkan jantung bermasalah. Nyatanya, sakit gigi juga bisa jadi salah satu tanda penyakit jantung yang serius.

Saat seseorang mengalami sakit jantung, gigi dan rahang bisa terasa sakit. Hal ini terjadi karena saraf vagus yang fungsinya mengatur jantung, paru-paru dan saluran pencernaan mengalir dari otak ke berbagai organ di tubuh melewati rahang. Sehingga ketika tubuh mengalami masalah pada jantung atau paru-paru, bisa menyebabkan rasa sakit pada rahang .

“Gawatnya ini yang sering disalah-artikan sebagai sakit gigi biasa,” kata dia.

Meskipun sakit gigi yang disebabkan oleh sakit jantung ini tergolong langka lantaran akan diikuti gejala lainnya. Tapi Anda tetap waspada, segera periksa ketika mengalami sakit gigi. Sebab bisa saja, sakit gigi biasa yang menyebabkan sakit jantung, atau sakit jantung yang menyebabkan sakit gigi.

“Menjaga kesehatan gigi tidak hanya berimbas pada kesehatan mulut juga, namun juga dapat menyebabkan infeksi ke jantung hingga otak jika tidak segera ditangani,” kata dia.