Ribuan Runners Penuhi Kampus Dramaga di IPB Run II Half Marathon

Antar Daerah657 views

BOGOR, Inionline.id – Sebanyak 2700 peserta IPB RUN II Half Marathon melakukan start di depan Gedung Rektorat IPB di Dramaga, Minggu (8/10/2023) pagi.

Event tahunan yang diselenggarakan Himpunan Alumni (HA) IPB bekerjasama dengan IPB University untuk kedua kalinya ini, cukup diminati para runners hingga panitia pun terpaksa membatasi pendaftaran pesertanya.

Ketua Panitia IPB RUN II Half Marathon, Afrizal mengatakan peserta IPB RUN II Half Marathon tahun ini sekitar 2700, terdiri dari keluarga besar IPB University sebanyak 55 persen dan masyarakat mmum sebanyak persen.

” Peserta 2,5 kali lipat dibanding dari IPB RUN tahun lalu. Antusiasi yang sangat tinggi membuat panitia membatasi peserta yang akan ikut demi kenyamanan berlari para peserta,” jelas Afrizal.

Hal senada juga disampaikan Sukma Kamajaya, Sekretaris Jenderal HA-IPB. Menurutnya tahun 2023 ini dibandingkan tahun sebelumnya terdapat penambahan kategori Half Marathon (21 K), selain kategori 5 K dan 10 K.

“Penambahan kategori half marathon berdasarkan masukkan dari para peserta tahun lalu dan untuk lebih mengoptimalkan para pelari menikmati alam, dan fasilitas yang ada di Kampus IPB Dramaga,” kata Sukma.

Kegiatan ini juga lanjut Sukma turut mendukung program beasiswa bagi para mahasiswa IPB University. Para pelari yang berasal dari Keluarga Besar IPB University berpartisipasi di dalam program beasiswa pada saat mengisi link pendaftarannya.

Sementara itu, Ketua HA IPB Walneg S Jas, mengatakan acara ini merupakan salah satu program unggulan HA IPB yang juga sekaligus sebagai jembatan silaturahmi bagi alumni dengan komunitas runners dan masyarakat umum.

“Kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan diantaranya mendukung pola hidup sehat dan menyatu dengan alam serta menyelamatkan lingkungan, Peduli dengan pendidikan Indonesia, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang waras dan yang berpendidikan. Serta lebih memperkenalkan IPB secara lebih dekat kepada masyarakat umum dimana IPB merupakan episentrum pengembangan kemajuan agro maritim di Indonesia dan kawasan global,” papar Walneg saat pembukaan IPB RUN II Half Marathon.

Rektor IPB University Prof Dr Arif Satria sebelum melakukan pelepasan peserta mengatakan mengapreasiasi HA IPB yang kembali menyelenggarakan event IPB Run II Half Marathon.

“Kegiatan ini sebagai bagian dari memperkenalkan IPB kepada masyarakat dan ikut serta dalam gerakan gaya hidup sehat,” tukas Arif.