Klopp Tetap Bangga Meski Liverpool Kalah

Inionline.id – Juergen Klopp bangga dengan penampilan Liverpool meski kalah dari Totttenham Hotspur. Para pemain Si Merah menunjukkan mental yang tangguh.

Liverpool kalah secara menyesakkan di markas Tottenham Hotspur, Sabtu (30/9/2023) malam WIB, dalam lanjutan Liga Inggris. Kehilangan dua pemain dan tertinggal duluan, klub Merseyside itu sempat menyamakan lewat Cody Gakpo dan nyaris mengamankan satu poin.

Tapi gol bunuh diri Joel Matip di menit terakhir injury time membuyarkannya. Selain itu, partai ini juga diwarnai kontroversi dianulirnya gol Luis Diaz pada babak pertama.

Gol itu dibatalkan karena Diaz dianggap offside, sementara tayangan ulang mengindikasikan hal sebaliknya. Badan Wasit Premier League (PGMOL) mengakui telah terjadi kesalahan dalam keputusan tersebut.

Manajer Liverpool Juergen Klopp menyoroti sejumlah keputusan wasit, juga mengakui Curtis Jones sial karena kakinya tergelincir dari bola dan menginjak lawan. Tapi terlepas dari hasilnya, penampilan dan daya juang anak asuhnya sangat membanggakan.

Bahkan dengan sembilan orang, Liverpool sempat mampu menahan tuan rumah. Tottenham Hotspur justru bermain dengan canggung dan kebingungan menyelesaikan serangan saat unggul jumlah.

“Saya belum pernah merasa lebih bangga kepada tim melebihi hari ini. Saya belum pernah melihat pertandingan seperti ini, dengan keadaan-keadaan paling tidak adil, keputusan-keputusan yang gila,” ujarnya kepada Sky Sports.

“Kami mencetak gol bunuh diri, itu sangat sulit untuk diterima tapi saya sangat bangga. Kartu merah pertama, Curtis menginjak bola dan tergelincir. Bukan tekel yang buruk.”

“Itu tampak berbeda dalam gerakan lambat. Dia menginjak bola dengan kencang dan kakinya meluncur. Itu apes sih.”

“Kartu kuning pertama Jota itu tak seharusnya diberikan. Lalu dia mendapatkan kartu kuning kedua da bertahan dengan delapan pemain outfield itu rumit.”

“Kalau ingin membangun sesuatu, Anda butuh pemain-pemain dengan mentalitas dan saya melihatnya hari ini. Mereka berjuang. Cukup spesial malam ini,” imbuh Klopp.

Kekalahan ini bikin Liverpool turun ke posisi empat dengan 16 poin dari tujuh laga. Hasil ini menjadi kekalahan pertama di musim ini, setelah lima kemenangan dan satu hasil imbang di enam pekan pertama.