Kasus Cacar Monyet di RI Tambah Jadi 21 Pasien Setelah Temuan Baru di Bandung

Berita857 views

Inionline.id – Temuan satu kasus baru cacar monyet (monkeypox) di Bandung Jawa Barat dilaporkan Kementerian Kesehatan. Dengan tambahan satu kasus baru ini, total ada 21 kasus positif cacar monyet di Indonesia sejak pertama kali ditemukan pada Agustus 2022.

“Kasus monkeypox sekarang sudah ada 21 kasus. Selain dari Jakarta dan Tangerang Selatan, ada temuan satu kasus di Bandung,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, Minggu (29/10).

Namun, Nadia tidak mengonfirmasi lebih lanjut perihal kondisi pasien maupun lokasi spesifik dari temuan kasus cacar monyet di Bandung.

Nadia mengatakan jumlah kasus cacar monyet mengalami penambahan dari laporan per 27 Oktober 2023 mencapai 17 kasus yang seluruhnya berasal dari DKI Jakarta.

Menurut dia hasil penelusuran kontak erat terhadap 21 kasus tambahan itu seluruhnya masih dinyatakan negatif.

“Hasil kontak masih negatif,” katanya.

Sementara itu, Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) melalui pernyataan tertulis menginformasikan per 13 Oktober 2023 terdapat 15 orang positif cacar monyet. Satu kasus di antaranya dinyatakan sembuh pada Agustus 2022.

Ketua Satgas cacar monyet PB IDI Hanny Nilasari mengatakan seluruh pasien positif bergejala ringan dan tertular secara kontak seksual. Pasien seluruhnya berjenis kelamin laki-laki usia 25-50 tahun.

Cacar monyet merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Monkeypox. Kasus cacar monyet pada manusia pertama kali ditemukan pada 1970 di Republik Demokratik Kongo.

Pada dasarnya, gejala awal cacar monyet mirip dengan gejala cacar lainnya, yaitu demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, ruam, dan lesi.

Perbedaan utama antara keduanya adalah cacar monyet yang menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening.

Gejala ini biasanya muncul dalam 7-14 hari setelah terinfeksi. Namun dalam beberapa kasus, gejala juga bisa muncul 5-21 hari setelah paparan.