Jika Menang Pilpres, Ganjar-Mahfud Janji Buka 17 Juta Lapangan Kerja

Ekonomi457 views

Inionline.id – Pasangan bacapres dan bacawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki misi untuk menciptakan 17 juta lapangan kerja baru pada 2025-2029 bila terpilih menjadi presiden dan wakil presiden dalam Pilpres 2024.

Hal itu menjadi salah satu agenda ekonomi dari delapan misi yang tertuang dalam dokumen Visi dan Misi Ganjar Pranowo & Mahfud MD Menuju Indonesia Unggul.

Target 17 juta lapangan kerja baru ini merupakan salah satu rencana Ganjar-Mahfud untuk mengurangi jumlah pengangguran hingga mencapai tingkat penyerapan tenaga kerja optimal.

Dalam misi tersebut, keduanya bakal memastikan penyerapan angkatan kerja baru setiap tahun agar semua rakyat bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Selain menciptakan lapangan kerja baru, pasangan ini juga akan membentuk lingkungan usaha yang mendukung pertumbuhan usaha ultra mikro dan UMKM, serta usaha-usaha yang mampu naik kelas secara konsisten.

Tak hanya itu, mereka juga menargetkan pertumbuhan ekonomi rata-rata mencapai 7 persen setiap tahun sebagai salah satu strategi agar Indonesia keluar dari jebakan kelas menengah (middle income trap).

Untuk mencapai tingkat pertumbuhan tersebut, Ganjar-Mahfud berencana meningkatkan peran koperasi dan UMKM, mendukung usaha baru di seluruh wilayah Indonesia, serta memanfaatkan infrastruktur, ekonomi digital, pengelolaan ekonomi hijau-biru, serta pertumbuhan industri manufaktur sekitar 7,5-8 persen.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), penciptaan lapangan kerja pada 2010-2014 berada di angka 13,68 juta. Sementara penciptaan lapangan kerja pada 2015-2019 berada di angka 13,42 juta.