ITDC Klaim MotoGP Mandalika Lebih Sukses dari Tahun Lalu dengan Melibatkan Lebih dari 300 UMKM Lokal NTB

Inionline.id – Ajang balap MotoGP 2023 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, NTB, telah berhasil dilaksanakan dengan sukses dan meriah. Salah satu kuncinya adalah keterlibatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal dari Nusa Tenggara Barat yang lebih banyak.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), bersama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), yang berhasil menarik 102.929 penonton, meningkat dari 102.801 penonton tahun sebelumnya selama tiga hari penyelenggaraan.

Direktur Utama ITDC, Ari Respati, menyatakan rasa syukur atas kesuksesan Indonesian GP 2023. Ia menyebut salah satu kesuksesan penyelenggaraan tahun ini dibuktikan dengan capaian perekonomian yang lebih besar.

“Alhamdulillah, kami sangat bersyukur event Indonesian GP 2023 dapat berjalan dengan lancar, seru dan meriah. Kami sangat bangga melihat balapan tahun ini dapat lebih dinikmati penonton dan minim keluhan. Kami optimistis dampak ekonomi nasional dari perhelatan MotoGP dapat melebihi capaian tahun lalu yakni lebih dari Rp 4,5 triliun,” terangnya dalam keterangan yang diterima Suara.com.

Dalam persiapan menyambut Indonesian GP 2023, ITDC dan MGPA melakukan berbagai perbaikan, baik di dalam kawasan Pertamina Mandalika International Circuit maupun di luar kawasan, untuk memberikan pengalaman menonton terbaik bagi penonton. Salah satunya adalah perbaikan infrastruktur jalan sepanjang 35 km, penambahan kapasitas parkir hingga 7.888 kendaraan, peningkatan pintu masuk kawasan, penyediaan layanan transportasi, dan pengaturan arus lalu lintas guna memudahkan akses penonton. Mereka juga berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM lokal NTB untuk meramaikan event ini.

Ari menambahkan bahwa ITDC juga mendapatkan dukungan kuat dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, Kemenparekraf, Pemprov NTB, Pemkab Lombok Tengah, kepolisian, TNI, dan berbagai BUMN seperti Pertamina, BNI, Bank Mandiri, PLN, BTN, Telkom Indonesia, Telkomsel, serta Taspen. Swasta juga turut mendukung, seperti Aprilia, Astra Honda Motor (AHM), dan KYT. Dukungan ini merupakan faktor penting dalam kelancaran penyelenggaraan Indonesian GP selama tiga hari.

Selama balapan, terjadi serangkaian insiden, termasuk kejatuhan beberapa pembalap. Dalam kelas MotoGP, pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, keluar sebagai pemenang Indonesian GP 2023, disusul oleh Maverick Vinales dan Fabio Quartararo. Kemenangan ini membawa Bagnaia ke posisi teratas dalam klasemen MotoGP 2023 dengan raihan 346 poin.

IndonesianGP tahun ini akan ditutup dengan pergelaran musik yang akan menampilkan sejumlah musisi terkemuka, seperti Amtenar, Dipha Barus ft. Faye, Hydro Koplo, Melanie and DKK, serta NTRL. Penonton dapat menikmati acara musik ini di area Zona Merdeka.

“Sekali lagi, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan semua pihak sehingga Indonesian GP 2023 dapat berjalan dengan lancar. Kami akan terus berupaya agar event balap motor terbesar di dunia ini akan semakin baik dan meriah dari tahun ke tahun. Hal ini merupakan wujud komitmen kami guna mewujudkan The Mandalika sebagai destinasi unggulan sport tourism di Indonesia sekaligus meningkatkan country branding Indonesia,” tutup Ari.