Dewan Jabar Supono Kritik 2 Kekurangan Kereta Cepat Jakarta Bandung

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) H. Supono selesai mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) bersama rombongan Komisi IV DPRD Jabar 26 September 2023 kemarin.

Dirinya mencatat ada 2 kekurangan dari KCJB yang jika tidak diperbaiki maka kedepannya eksistensi moda transportasi senilai 108 triliun rupiah ini bakal merugi.

“Pertama adalah aksesibilitas menuju ke tempat stasiun Tegal Luar atau Padalarang itu tempatnya masih belum terintegrasi dengan moda angkutan reguler yang ada di Bandung dan sekitarnya,” ujarnya.

Komisi IV juga mencermati bahwa beberapa fasilitas KCJB sekarang belum terlihat secara baik dan nyaman apalagi moda transportasi yang memang terkoneksi secara integral dengan stasiun Tegal Luar maupun Padalarang tidak ada.

“Dari gedung DPRD Jabar ke stasiun Tegal Luar dengan kondisi padat merayap kami butuh waktu 1 jam 30 menit, belum hitungan waktu tempuh yang di Jakarta, katakanlah 1 jam, kereta 45 menit dengan persiapan keberangkatan total 3 jam 30 menit, kalau naik mobil dari Bogor ke Bandung ya sama saja waktunya,” kata H. Supono.

Catatan kedua adalah soal biaya tiket, Biaya itu berarti mengeluarkan untuk kereta cepat sendiri lalu moda transportasi penyambungnya, berikutnya ini kondisi yang ada sekarang itu harus dibenahi terlebih dahulu,” tukasnya.

Jumlah tarif yang beredar sekarang harus menjamin KCJB cepat, tepat, nyaman dan murah.

“Kalau mahalĀ  berarti hanya masyarakat tertentu yang bisa menikmati, ini bagaimana kalau menjadi memang moda transportasi umum yang diminati oleh masyarakat, berarti disamping nyaman, cepat, harus murah,” pungkas H. Supono, Rabu (04/10/2023) kepada awak media. (JC)