Berikut ini 5 Manfaat Bunga Telang, Tanaman Cantik Kaya Khasiat untuk Kesehatan

Inionline.id – Bunga telang yang dikenal sebagai salah satu pewarna makanan alami tenyata mengandung banyak kebaikan untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja manfaat bunga telang yang perlu Anda ketahui?

Merangkum berbagai sumber, di bawah ini adalah deretan manfaat bunga telang untuk kesehatan.

Baik untuk kesehatan otak

Ada beberapa penelitian bunga telang dengan subjek hewan yang telah membuktikan bahwa tanaman ini bisa membantu meningkatkan kadar astetilkonin dalam otak yang berperan baik dalam menjaga kesehatan.

Tingginya kadar asetilkolin memperkecil kemungkinan seseorang menderita pikun karena usia. Seduhan teh bunga telang juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berpikir otak secara umum.

Melancarkan siklus haid

Studi ilmiah menyebutkan bahwa bunga telang dapat membantu mengatasi beragam permasalahan reproduksi, khususnya siklus haid.  Bunga telang juga bisa membantu mengurangi risiko keputihan yang tak normal sebelum haid datang.

Menurunkan risiko kanker

Tingginya kandungan antioksidan pada bunga telang terbilang ampuh menangkal masuknya radikal bebas penyebab kanker ke dalam tubuh. Selain pencegahan, bunga telang juga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Mencegah penuaan kulit

Kandungan antioksidan pada bunga telang juga baik untuk mencegah timbulnya keriput dan garis halus yang merupakan tanda penuaan pada kulit. Konsumsi bunga telang juga baik untuk mencerahkan kulit.

Menjaga gula darah

Bunga telang termasuk bahan alami yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Ini berkat khasiatnya dalam menjaga kadar gula darah. Adanya beragam antioksidan dalam bunga telang juga dikatakan mampu mengoptimalkan kinerja obat diabetes.

Itulah deretan manfaat bunga telang yang mungkin masih jarang diketahui. Bagaimana menurut Anda? Tertarik untuk mengonsumsi bunga telang yang warnanya terkenal cantik ini?