Cegah Penyimpangan Program Rutilahu Jawa Barat, Dewan Mochamad Ichsan Segera Cek Perdanya

Antar Daerah657 views

Bogor, Inionline.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat Mochamad Ichsan Maoluddin menggelar reses I tahun sidang 2023-2024 di Kantor Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Senin (16/10/2023).

Ketika sesi tanya jawab, warga Cilember atas nama Harjoko mengeluhkan kepada Ichsan soal tidak tepatnya item barang yang didapatkan penerima bantuan Rumah tidak layak huni (Rutilahu) Provinsi Jawa Barat.

“Ada program Rutilahu rumah di Cilember semuanya tidak sampai selesai, jadi ini setahu saya yang dibutuhkan masyarakat dapat Rutilahu  itu tidak sesuai, kadang-kadang yang atapnya udah mau rubuh malah dikasihnya batako,” ujar Harjoko.

Merespon kejadian eror di lapangan ini, Mochamad Ichsan sangat menyayangkan atas kejadian tersebut.

“Saya akan cek terlebih dahulu point-point Perdanya seperti apa, kita harus cari CPCLnya siapa, kemudian penerima yang akan mendapat manfaatnya siapa,” katanya.

“Tentu kerjasama itu tidak hanya sepihak, tapi juga LPMnya juga harus bisa clear, jangan sampai LPM jadi troublemaker,” lanjut Ichsan.

Dengan kejadian ini, Ichsan memastikan bahwa temuan ini akan disampaikan ke dinas terkait di Jawa Barat agar ada tindak lanjut dan sangi bagi LPM yang tidak benar.

“LPMnya tentu akan dapat teguran, mungkin dari sisi hukum saya belum mendengar akan kemudian masuk ke persidangan atau apa, yang jelas itu mencederai semangat kita untuk membantu rumah rakyat yang notabene tidak layak huni,” pungkas Ichsan.