BPBD Menyebut Kebakaran Lahan di Lereng Gunung Agung Capai Ratusan Hektare

Antar Daerah157 views

Inionline.id – I Made Rentin Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bali,  mengatakan, bahwa pada pagi tadi masih ditemukan satu titik api di lereng Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali.

Rentin mengatakan, pada Sabtu (30/9) sekitar pukul 08:36 WITA informasi perkembangan kebakaran di hutan di lereng Gunung Agung, berdasarkan informasi dari Babinsa Kecamatan Kubu, Karangasem, masih ditemukan satu titik api.

“Masih terlihat satu titik asap di lereng Gunung Agung di wilayah Juntal Kaja, pantauan dari Pasir Bumi Mandiri Kubu,” kata Rentin, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/9).

Ia juga menyebutkan, bahwa Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Karangasem akan menuju ke Dusun Juntal, Desa Kubu, dan ke Dusun Belong, Desa Ban, Kacamata Kubu untuk melakukan pemantauan hal lain.

Sementara, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Putu Eka Tirtana mengatakan informasi terbaru bahwa pada sore ini atau sekitar pukul 18: 20 WITA ditemukan lima sampai tujuh titik api di kawasan lereng Gunung Agung.

“Sampai saat ini yang teramati antara lima sampai tujuh titik api,” kata Eka.

Eka juga menyebutkan, untuk luas lahan yang terbakar hingga saat ini sudah lebih dari 500 hektare. “Sudah ratusan hektare ini, sudah lebih dari 500 hektare,” jelasnya.

Sementara, ini tim gabungan telah melakukan penyekatan di hutan dan melakukan pemadaman api. “Untuk saat ini sudah dilakukan penyekatan di hutan termasuk pemadaman api juga di daerah (Dusun) Juntal dan Belong,” ujarnya.

Sebelumnya, kebakaran di lereng Gunung Agung, di Kabupaten Karangasem, Bali, terjadi pada Rabu (27/9) lalu.