Berikut ini Daftar 10 Universitas Terbaik di Asia Tenggara

Pendidikan757 views

Inionline.id – Banyak pelajar Indonesia bercita-cita kuliah di luar negeri. Tidak jarang, tujuan kampus mereka berada di lintas benua, misalnya Inggris, Amerika Serikat, Prancis, dan Belanda.

Padahal, menuntut pendidikan dengan kualitas baik tidak perlu jauh-jauh, lho. Pasalnya, sudah banyak kampus berkualitas tinggi yang tersebar di kawasan Asia Tenggara. Kampus apa saja itu?

Berikut 10 kampus terbaik di Asia Tenggara dikutip dari Instagram @hotcourses_id:

10 kampus terbaik di Asia Tenggara

1. National University of Singapore (NUS), Singapura

NUS berlokasi di kawasan Kent Ridge, Singapura. Didirikan tahun 1905, kampus ini merupakan institusi pendidikan tertua dan terbesar di Singapura. NUS tercatat sebagai salah satu universitas terbaik di Asia Pasifik dan dunia.

Sejumlah program studi yang ditawarkan NUS disebut memiliki reputasi tinggi di tingkat global, yakni Teknik Perminyakan, Teknik Kimia, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Ilmu Komputer & Sistem Informasi, Kebijakan Sosial & Administrasi, dan Geografi.

2. Nanyang Technological University (NTU), Singapura

NTU berlokasi di kawasan Jurong, Singapura. NTU merupakan kampus tertua dan terbesar kedua di Singapura. Menurut QS World University Rankings 2015–2021, NTU menduduki peringkat satu universitas muda (di bawah 50 tahun) terbaik di dunia.

Sejumlah jurusan kuliah di NTU mendapatkan peringkat tinggi di tingkat global, yakni Teknik Elektro, Teknik Material, Teknik Kedirgantaraan, Teknik Kimia, Kajian Komunikasi & Media, Kajian Bisnis & Manajemen, Ilmu Lingkungan, dan Ilmu Komputer.

3. Universiti Malaya (UM), Malaysia

UM merupakan universitas pertama yang didirikan di Malaysia. UM berlokasi di pinggir kota Kuala Lumpur, Malaysia. Pada 2023, UM menduduki peringkat ke-291 universitas terbaik di dunia menurut webometrics.info.

Selain itu, Sekolah Bisnis UM telah mendapatkan dua akreditasi internasional dari Eduniversal, Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) dan Association of MBAs (AMBA).

Sejumlah jurusan kuliah di UM wajib kamu pertimbangkan, seperti Ilmu Perpustakaan & Informasi, Teknik Elektro, dan Kajian Pembangunan.

4. Universiti Putra Malaysia (UPM), Malaysia

UPM merupakan salah satu universitas penelitian terkemuka di Malaysia. UPM berlokasi di Serdang, Selangor, Malaysia. Awalnya, universitas ini berdiri pada 1971 dengan nama Universiti Pertanian Malaysia.

Menurut QS World University Rankings 2021, UPM menempati peringkat ke-80 terbaik di dunia untuk jurusan Pertanian dan Kehutanan. Beberapa jurusan paling populer di UPM yakni Ilmu dan Teknologi Pangan serta Ilmu Pertanian.

5. Universiti Sains Malaysia (USM), Malaysia

USM terletak di kawasan George Town, Pulau Pinang, Malaysia. USM merupakan salah satu dari tiga universitas di Malaysia yang bertaraf universitas riset. Pada 2018, USM menerima penghargaan Most Entrepreneurial University of The Year dari Kementerian Pendidikan Malaysia.

Beberapa program studi terbaik dan paling banyak diminati di USM adalah Arsitektur, Arkeologi, Teknik Sipil, Teknik Kimia, dan Farmasi.

6. Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia

UKM terletak di kawasan Bangi, Selangor, Malaysia. Menurut QS Top 50 Under 50 2020, UKM menempati posisi ke-13 sebagai universitas terbaik.

Astronot pertama Malaysia, Sheikh Muszaphar Shukor, merupakan alumni UKM. Ia tercatat sebagai orang Malaysia pertama yang pergi ke luar angkasa.

Beberapa jurusan di UKM yang harus kamu pertimbangkan di antaranya Kedokteran, Hukum, Sosiologi, Akuntansi, Geografi, dan Farmasi.

7. Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Malaysia

UTM terletak di kawasan Skudai, Johor Bahru, Malaysia. UTM terkenal sebagai universitas teknik dan teknologi tertua di Malaysia. UTM berfokus pada pendidikan pascasarjana.

Beberapa jurusan kuliah di UTM yang memiliki reputasi tinggi di tingkat global di antaranya Teknik Sipil, Teknik Perminyakan, Teknik Kedirgantaraan, dan Arsitektur.

8. Chulalongkorn University (CU), Thailand

Didirikan pada 1917, CU merupakan institusi pendidikan tertua di Thailand. CU berlokasi di Bangkok, Thailand. Seleksi masuk CU dikenal sangat ketat.

Menurut QS Graduate Employability Rankings, CU menempati peringkat ke-200. Daftar tersebut menilai kesiapan kerja lulusan dari universitas.

Terdapat beberapa program studi di CU yang mendapat reputasi baik di tingkat global, yakni Seni & Desain, Ilmu Komputer, Teknik Perminyakan, Teknik Kimia, Ekonomi, Hukum, Politik, Kimia, dan Teknik Kedirgantaraan.

9. Universiti Brunei Darussalam (UBD), Brunei Darussalam

UBD berlokasi di dekat laut, yakni di kawasan Bandar Seri Begawan, Brunei. UBD merupakan universitas terbesar dan tertua di Brunei Darussalam.

Universitas satu ini sangat cocok buat kamu yang tertarik untuk melakukan riset dalam bidang Lingkungan & Keanekaragaman Hayati, Energi, Kajian Wilayah Asia, Analisis Data, dan Kajian Islam.

10.   Universitas Gadjah Mada (UGM), Indonesia

UGM merupakan salah satu universitas terbesar dan tertua di Indonesia. UGM terletak di Yogyakarta, Indonesia. Menurut peringkat UI GreenMetric, UGM menduduki peringkat ke-3 universitas terbaik di Indonesia.

Banyak tokoh besar yang merupakan alumni UGM, di antaranya Presiden Joko Widodo, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, Retno Marsudi, dan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

UGM memiliki beberapa jurusan favorit, di antaranya Psikologi, Teknik Sipil, Hukum, Kedokteran, Manajemen, Ilmu Hubungan Internasional, Akuntansi, Farmasi, dan Teknologi Informasi.

Itulah daftar 10 universitas terbaik di Asia Tenggara. Kamu bisa mempertimbangkan kampus-kampus tersebut jika ingin kuliah di luar negeri. Sehingga kamu tidak perlu pergi lintas benua untuk menuntut ilmu.