Berikut Ini 7 Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Kesehatan157 views

Inionline.id Daun kenikir adalah jenis tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah. Namun, tumbuhan ini juga populer dijadikan sebagai lalapan di Indonesia. Lantas apa saja manfaat daun kenikir?

Dalam bahasa Latin, daun kenikir dikenal sebagai cosmos caudatus dan sering juga disebut ulam raja di Malaysia. Ulam raja merupakan tanaman tahunan yang tumbuh tegak dan tingginya dapat mencapai 2 meter.

Batangnya berbentuk persegi, segar, bercabang banyak, dan berwarna hijau keunguan. Daunnya majemuk, baunya sangat menyengat, warnanya hijau, ujung daun sempit, tepi halus, dan panjang sekitar 15-20 cm.

Bunganya dapat ditemukan soliter atau berkelompok longgar dan dihasilkan pada satu tangkai pada kepala tambahan.

Melansir Glob in Med, daun kenikir dipercaya baik untuk kesehatan, seperti membantu meningkatkan sirkulasi darah, memperkuat tulang, dan meningkatkan kesegaran nafas.

Daun kenikir juga disebut bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan dan memiliki khasiat anti penuaan. Hal ini terkait dengan tingginya kandungan saponin, flavonoid, dan polifenol dalam daun kenikir.

Mengutip berbagai sumber, berikut ini sejumlah manfaat daun kenikir untuk kesehatan.

1. Sebagai obat maag dan lemah lambung

Mengutip Journal of Research in Medical Sciences oleh Joseph Anthony pada 2015, kenikir dapat mengatasi penyakit maag ataupun lemah lambung. Hal ini dikarenakan adanya kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol dalam daun kenikir. Zat-zat tersebut berfungsi untuk menetralkan asam lambung.

Selain itu, zat di dalamnya juga mampu menguatkan otot lambung. Cara mengonsumsi daun ini cukup mudah. Anda hanya perlu merebusnya, tambahkan garam, dan makan dalam bentuk lalapan.

2. Mengurangi efek penuaan

Kandungan nutrisi vitamin A dan sifat antioksidan yang tinggi dalam daun kenikir berkontribusi meningkatkan penglihatan dan membantu mengurangi efek penuaan. Kondisi kulit seperti psoriasis atau eksim mungkin mendapat manfaat dari penggunaan pengobatan herbal ini.

3. Obat cuci darah

Salah satu kandungan yang dapat menetralkan racun terbawa darah adalah vitamin E antioksidan dan flavonoid. Kedua kandungan tersebut terdapat di dalam daun kenikir. Karena itu, mengonsumsi olahan daun kenikir secara rutin mampu membersihkan darah dari racun yang ada di dalam tubuh.

4. Menguatkan tulang

Daun kenikir juga bermanfaat untuk menguatkan tulang karena kandungan mineral, kalsium, dan magnesium yang ada di dalamnya. Sejumlah kandungan ini disebut mampu membantu pertumbuhan tulang.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Dengan banyaknya kandungan yang ada di dalam daun kenikir maka kebutuhan akan nutrisi tubuh kita akan semakin tercukupi. Dan secara tidak langsung akan membangun sistem imun di dalam tubuh. Jadi tubuh kita menjadi tidak gampang terserang penyakit.

6. Menambah nafsu makan

Senyawa kuersetin yang ada dalam daun kenikir bermanfaat sebagai penambah nafsu makan, terutama pada anak-anak. Selain itu, kenikir juga baik digunakan sebagai penambah nafsu makan seseorang yang sedang sakit untuk mengembalikan stamina tubuh. Anda bisa mengonsumsi daun ini sekitar tiga kali dalam seminggu.

7. Sebagai masker kecantikan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang, daun kenikir bisa diolah menjadi masker kecantikan.

Kandungan kalsium, flavanoid, saponin, tokoferol, terpenoid, dan lainnya berpengaruh besar untuk kesehatan kulit dan kecantikan. Kandungan-kandungan tersebut dapat merawat sekaligus menjaga kesehatan kulit.

Meski memiliki segudang manfaat, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi daun kenikir. Mengonsumsi daun kenikir secara berlebihan bisa memberikan efek samping seperti bersin, ruam kulit, gatal, mual, dan muntah.

Itulah sejumlah manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Semoga membantu.