Berikut ini 7 Cara Mengatasi Laptop Mati tapi Lampu Indikator Menyala

Iptek857 views

Inionline.id – Saat laptop dalam kondisi mati, normalnya lampu indikator pada komputer jinjing itu juga ikut mati. Akan tetapi pada beberapa kasus, lampu indikator masih tetap menyala meski laptop sudah mati.

Apabila mengalami masalah tersebut secara tiba-tiba, simak cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator masih menyala.

Masalah itu umumnya dipicu oleh kerusakan pada komponen hardware laptop, layar, atau baterai. Kendala tersebut juga bisa disebabkan sistem operasi laptop yang bermasalah.

Apabila tidak segera diatasi, lampu indikator laptop akan terus menyala dan menghabiskan daya baterai. Sebab, ini menandakan prosesor masih berjalan yang mengakibatkan baterai terkuras.

Jika terus dibiarkan, masalah ini pun bisa memicu kerusakan serius pada laptop.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator masih terus.

1. Matikan paksa laptop

Cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator menyala yang pertama adalah dengan mematikan laptop. Bedanya, Anda mematikan laptop dengan cara paksa alias force shutdown.

Caranya sangat mudah, cukup tekan tahan tombol power selama 10 hingga 15 detik hingga laptop benar-benar mati.

Untuk mengetahui laptop sudah mati, lihatlah lampu indikatornya. Pastikan lampu indikator juga mati. Tunggu selama beberapa waktu dan cobalah untuk menghidupkan laptop tersebut kembali.

Cara ini akan berhasil jika penyebab laptop mati tersebut adalah terjadinya error pada bagian software. Biasanya, karena adanya sistem atau dump crash akan membuat laptop ini layarnya berwarna hitam seperti laptop mati.

2. Lepas baterai

Jika mematikan paksa dengan cara sebelumnya tidak berhasil, cara berikutnya yang bisa dilakukan adalah dengan melepas baterai.

Cara melepas baterai laptop ini cukup mudah, cukup membuka kunci baterai yang terdapat pada posisi bawah laptop. Biarkan selama beberapa menit sebelum baterai laptop tersebut dipasang kembali.

Metode melepaskan baterai ini akan berhasil dilakukan jika penyebab laptop mati tersebut dikarenakan masalah yang terjadi pada aliran listrik dari baterai yang akhirnya mengganggu kinerja dari laptop itu sendiri.

3. Cek layar

Penyebab laptop mati juga bisa berasal dari layar laptop itu sendiri. Cara mengecek kondisi layar laptop bisa dilakukan sendiri karena cukup mudah.

Jika Anda masih bisa mendengarkan bunyi mesin laptop, coba bawa laptop tersebut di ruangan yang gelap dan perhatikan apakah layar menyala atau tidak.

Selain itu, cobalah untuk memeriksa kabel fleksibel yang menyambungkan layar dengan badan laptop.

Pasalnya, seiring pemakaian kabel fleksibel yang terdapat pada layar akan aus bahkan putus yang menyebabkan laptop menjadi mati. Jika menemukan masalah, segera ganti kabel fleksibel dengan yang baru.

4. Aktifkan safe mode

Cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator menyala berikutnya adalah dengan mencoba mengaktifkan fitur safe mode.

Safe mode merupakan salah satu cara diagnostik yang terdapat pada laptop. Cara ini juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi masalah yang terdapat pada layar laptop.

5. Bersihkan RAM

Peran Random Access Memory (RAM) pada sebuah laptop sangat penting. RAM pada laptop berfungsi untuk menyimpan data yang diperlukan oleh laptop untuk bisa menjalankan aplikasi yang terdapat dalam laptop tersebut.

Gangguan pada RAM bisa menyebabkan laptop mati secara tiba-tiba. Salah satu penyebab gangguan pada RAM adalah menumpuknya debu dan kotoran.

Debu dan kotoran inilah yang mengganggu kinerja RAM sehingga tidak berfungsi dengan maksimal. Selain itu, debu dan kotoran juga bisa menyebabkan laptop cepat panas dan terjadi overheat yang dapat mengganggu kinerja komponen itu sendiri.

6. Cek VGA

Selain RAM, Video Graphics Adapter (VGA) juga bisa menjadi penyebab laptop mati tapi lampu indikator menyala.

Pasalnya, VGA berfungsi sebagai penerjemah tampilan pada layar monitor laptop. Untuk mengecek VGA tidak mudah sebab diperlukan tools dan kemampuan dalam menganalisisnya.

7. Cek kabel

Cara mengatasi laptop mati tapi lampu indikator menyala yang terakhir adalah dengan melakukan pengecekan pada kabel yang terdapat pada setiap komponen.

Untuk melakukannya, Anda harus membongkar laptop dan memeriksa setiap kabel. Pastikan tidak ada kabel yang putus atau terbakar.

Untuk menghindari laptop mati tapi lampu indikator menyala, gunakan laptop sewajarnya.

Jika terpaksa menggunakan laptop dalam jangka waktu lama, tambahkan kipas ekstra untuk membantu mendinginkan mesin laptop. Selain itu, instal aplikasi yang sesuai dengan spek agar laptop tidak terbebani.