Bahas Kereta Cepat Bandung-Surabaya, Jokowi Akan ke China

Berita557 views

Inionline.id – Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyebut Presiden Jokowi akan ke China menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Sabuk dan Jalur (BRI Summit) pada 17-18 Oktober 2023 besok.

Ia menyebut Jokowi akan membahas kelanjutan proyek Kereta Cepat Bandung-Surabaya dengan China. Pembahasan akan dilakukan dalam pertemuan bilateral antara pemerintah Indonesia dengan China.

Erick menuturkan pembahasan akan difokuskan pada perbaikan struktur kerja sama kereta cepat termasuk terkait tanggung jawab bunga.

“Kalau di China itu salah satunya memang diskusi lebih dalam keberlanjutan kereta cepat dari Bandung ke Surabaya yang studinya sedang dipelajari,” kata Erick dalam konferensi pers di Sarinah, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10) seperti dikutip dari Antara.

Selain kereta cepat, Erick menuturkan pemerintah juga akan membahas infrastruktur, energi dan perdagangan dengan China. Jokowi katanya juga akan bertemu dengan pemerintah Saudi Arabia guna membahas percepatan energi terbarukan.

“Ini dilakukan karena kalau kita mau menjadi negara maju memang namanya infrastrukturnya harus dibangun apakah jalan tol, kereta api, pelabuhan, airport, yang memang pasti akan perlu waktu,” ujarnya.

Melalui pembangunan infrastruktur, Erick mengatakan daya saing Indonesia sebagai negara besar akan meningkat.