Bagi Caleg Gagal di Pemilu, Pemkab Bekasi Buka Konsultasi Gangguan Jiwa

Antar Daerah1457 views

Inionline.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyediakan layanan konsultasi gangguan jiwa untuk para calon anggota legislatif (caleg) yang mengalami depresi jika gagal di Pemilu 2024 nanti.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Supriadinata mengatakan layanan khusus itu tersedia di puskesmas.

“Itu sudah masuk SPM (standar pelayanan minimal) fasilitas kesehatan, pelayanan untuk orang dengan gangguan jiwa. Di Puskesmas sudah disiapkan obat serta tenaga medis dan dokter yang sudah terlatih untuk penanganan,” kata dia mengutip Antara, Senin (30/10).

Dia memastikan seluruh puskesmas di Kabupaten Bekasi sudah siap memberikan pelayanan konsultasi. Akan tetapi, tidak ada ruang khusus bagi caleg yang gagal di Pemilu 2024 nanti.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi juga memberikan layanan rujukan apabila gangguan kejiwaan yang dialami caleg tidak mampu ditangani hingga tuntas di puskesmas.

Rujukan diberikan secara berjenjang tergantung tingkat sakit pasien. Mulai dari rumah sakit terdekat hingga ke RSUD Kabupaten Bekasi yang telah menyiagakan dua orang dokter spesialis kejiwaan.

“Tapi kalau memang harus dirawat, kita sudah siapkan rujukan lanjutan ke rumah sakit yang ada di Grogol atau Bogor yang sudah memiliki ruangan khusus pasien gangguan kejiwaan,” katanya.

Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bekasi, terdapat 856 orang bakal calon anggota legislatif yang bertarung memperebutkan kursi DPRD Kabupaten Bekasi. Terdiri dari 560 laki-laki dan 296 perempuan.

Pemungutan suara akan dilakukan pada 14 Februari 2024 mendatang. Mereka hanya memperebutkan 55 kursi. Dengan demikian, bakal ada 801 caleg yang gagal mendapat kursi DPRD Kabupaten Bekasi.