Unicorn Wars, Film Animasi Nyentrik untuk Umur 13 Tahun ke Atas

Inionline.id – Unicorn Wars menjadi salah satu film animasi yang mencuri perhatian di 2023 ini. Film besutan sutradara Alberto Vazquez ini telah meraih sejumlah penghargaan di ajang festival dunia.

Unicorn Wars di antaranya meraih penghargaan Best Animated Film dalam sesi kompetisi internasional di CinEuphoria Awards 2023 dan Cinema Writers Circle Awards 2023 Spanyol.

Meski film animasi, Unicorn Wars tidak buat ditonton anak-anak. Cuma yang berusia di atas 13 tahun yang diizinkan nonton, karena ada beberapa alasan. Salah satunya, film ini menghadirkan sejumlah adegan para beruang membersihkan badan hingga terlihat organ intimnya.

Selain itu, adegan eskplisit baku hantam hingga saling cakar. Saat kuku tajam mendarat dengan keras di wajah lawan, darah segar mengucur. Jelas kedua contoh adegan ini bukan konten yang cocok dikonsumsi semua umur.

Mengutip dari KlikFilm, cerita Unicorn Wars dimulai di Hutan Sihir. Kuda unicorn bernama Maria (Itxaso Quintana) mendengar suara ibunya memanggil berkali-kali. Kuda kesepian ini berlari mencari sumber suara hingga memasuki kuil misterius. Alangkah terkejut, Maria mendapati ibunya berlumur lumpur, menjelma monster, yang berupaya memangsanya.

Tak jauh dari hutan, ada Markas Cinta yang dihuni sejumlah beruang mungil. Mereka berlatih perang melawan Unicorn di Hutan Sihir. Para beruang didoktrin ayat dari sebuah kitab suci, isinya, “Celakalah orang yang meminum darah Unicorn terakhir, karena dia akan menjadi makhluk indah dan abadi.”

Adik beradik, Bluey (Jon Goiri) dan Tubby (Jaione Insausti) berada di Markas Cinta. Hubungan keduanya dilatari kecemburuan. Sejak bayi, Bluey merasa ibunya lebih sayang Tubby. Namun jelang ajal, justru ibunya meminta Tubby menjaga Bluey.

Perang dengan Unicorn akhirnya meletus. Korban berguguran dari kedua belah pihak hingga menyisakan segelintir penyintas. Bluey dan Tubby yang bertahan menyusuri hutan lalu mendapati kebun bluberi. Di sana, mereka melihat dua Unicorn dari dua generasi.

Meski menghadirkan sejumlah adegan pertempuran. Unicorn Wars tetap memiliki pesan moral. Faktanya, pada menit-menit pertama, film ini membawa pesan soal kerinduan ibu dan anak. Setelahnya, kita disuguhi isu rasa percaya diri saat memandangi tubuh sendiri di cermin. Ada gelambir, kerutan di wajah, konfigurasi gigi saat tersenyum lebar. Itu semua milik kita, suka atau tidak suka. Pendek kata, soal penerimaan diri.

Selain cerita dan adegan yang menarik, Unicorn Wars dipuji karena menyajikan visual yang begitu indah. Visual film ini terasa sangat konsisten dari segi pewarnaan hingga dimensi teknis yang digunakan.

Unicorn Wars bisa dintonton secara streaming di KlikFilm sejak September 2023.