Sukses! 20 Unit Rutilahu Advokasi Dewan Mochamad Ichsan Turun di Sukahati Bogor

Antar Daerah157 views

Bogor, Inionline.id – Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (dapil) Kabupaten Bogor Mochamad Ichsan Maoluddin kembali sukses mengadvokasi bantuan program Rumah tidak layak huni (Rutilahu) Provinsi Jawa Barat sebanyak 20 unit bagi masyarakat Kelurahan Sukahati, Kabupaten Bogor, Senin (11/09/2023).

“Usulannya masuk ditahun 2022, total advokasi saya se-Kabupaten Bogor ada 15 LPM, dimana 1 LPM itu ada 20 unit,” ujarnya.

“Berarti tahun ini saya sudah berhasil mengadvokasi 300 unit pembangunan Rutilahu kalau 300 unit hitungannya 1 unit itu 20 juta jadi ada kurang lebih 6 miliar masuk ke Kabupaten Bogor,” lanjut Mochamad Ichsan.

Hasil pengawasan Ichsan di Sukahati bahwa di kawasan tersebut tetap memakai konsep gotong royong dimana tetap ada pengeluaran anggaran dari penerima bantuan yang rata-rata dipakai untuk membayar ongkos tukang.

Guna meminimalisir kecurangan dalam penyaluran bantuan Rutilahu ini sampai kepada penerima manfaat, Ichsan mengaku Pemerintah Desa telah menyiapkan filteringnya.

“Jadi sepengajuan itu kita akan koreksi LPM yang akan diberikan kepercayaan anggaran, hanya saja yang sudah pernah jadi temuan akan masuk catatan kami (DPRD Jabar) yang kurang bagus akhirnya itu jadi blacklist,” imbuhnya.

Dirinya berharap di era PJ Gubernur Jawa Barat Bey Mahmudin saat ini di tahun 2024 akan ada peningkatan anggaran program Rutilahu bagi masyarakat.

“Sebetulnya bisa saja di up anggarannya, hanya jadi penerimanya jadi lebih sedikit, jadi sama saja, lebih baik kita agak lebih banyak tapi bantuanya maksimum, proporsional,” pungkasnya.